Kamis, 18 April 2024

BKSAP DPR Ingatkan Komitmen Parlemen Antarnegara Asia untuk Pembangunan Berkelanjutan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Putu Supadma Rudana Wakil Ketua BKSAP. Foto: istimewa

Sidang Pleno Asian Parliamentary Assembly (APA) atau Sidang Parlemen Antar-Negara Asia kembali digelar di Baku, Azerbaijan, pada 21-24 Februari 2024.

Delegasi Parlemen Indonesia yang diwakili jajaran pimpinan dan anggota Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI turut hadir dalam agenda tersebut.

Putu Supadma Rudana Wakil Ketua BKSAP mengatakan, delegasi Indonesia turut aktif dalam pembahasan berbagai hal menyangkut pembangunan berkelanjutan di Asia.

Seperti dalam sesi Standing Committee on Economic and Sustainable Development, parlemen antarnegara Asia ingin hadir lebih konkret dalam mendorong isu-isu yang menyangkut permasalahan lingkungan, dan tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Karena memang kita ketahui banyak terjadi permasalahan kendala tentang lingkungan dan juga dampak climate change terhadap kondisi global yang memang sudah nyata terjadi. Memang dalam forum-forum international baik IPU atau forum lainnya, isu ini sangat penting, juga komitmen dalam high level political forum untuk akselerasi tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs agar agenda 2030 segera dapat terimplementasi,” ujar Putu lewat keterangan tertulis, Sabtu (24/2/2024).

Putu menambahkan, kawasan Asia yang merupakan wilayah dengan penduduk terbanyak diharapkan aktif dan berkomitmen terus mengawal pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

“Yang kedua, bagaimana lingkungan juga terjaga dan bagaimana pertumbuhan itu juga eksklusif diterima dampaknya secara ekonomi oleh masyarakat di kawasan Asia,” imbuhnya.

Ke depan, dia berharap komitmen Parlemen antarnegara Asia terus ditingkatkan. Sehingga, mampu memberikan sumbangsih yang signifikan dalam upaya mencapai SDGs.

“Kami berharap ke depan mampu memberikan sumbangsih yang signifikan dalam pengawalan khususnya dalam bidang sustainable growth atau pun dalam pencapaian SDGs dalam menangkal climate change dan dalam isu-isu yang berhubungan dengan ketahanan energi maupun ketahanan air,” harap politikus Partai Demokrat tersebut.

Sekadar informasi, pada hari kedua penyelenggaraan Sidang Umum ke-14 APA, Putu Supadma didampingi Anggota BKSAP Puteri Anetta Komarudin dan Jazuli Juwaini menghadiri Standing Committee on Economic and Sustainable Development.

Anggota BKSAP Puteri Anetta Komarudin dan Vanda Sarundajang juga menghadiri Standing Committee on Budget and Planning.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
29o
Kurs