Senin, 29 April 2024

BKSAP DPR: Peninjau Program EVP Banyak Belajar dari Pemilu di Indonesia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Indra Iskandar Sekjen DPR RI (kanan) bersama Putu Supadma Wakil Ketua BKSAP DPR (kedua dari kanan) usai membuka EVP, di Bali, Selasa (13/2/2024). Foto: Antara

Endah Tjahjani Dwirini Kepala Biro Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) Sekretariat Jenderal DPR RI menilai, Program Pemantauan Pemilu atau Election Visit Programme (EVP) 2024 sukses terlaksana.

Indikatornya antara lain banyaknya apresiasi dari pemantau luar negeri dan tingginya antusias delegasi dunia mengikuti program itu.

“Terlihat dari antusiasme delegasi yang sangat luar biasa dari hari pertama sejak kedatangan. Kemudian, ada seminar mengenai sistem pemilu dan sistem demokrasi di Indonesia, peninjauan dan juga sampai melihat penghitungan suara. Mereka sangat antusias dan kagum melihat Rakyat Indonesia, terutama Bali begitu antusias menyambut pesta demokrasi,” ujarnya di Bali, Rabu (14/2/2024).

Endah yang juga turut mendampingi para peninjau EVP terjun langsung ke TPS mengatakan, para delegasi sangat senang menjadi bagian dari proses demokrasi yang dinanti-nantikan Rakyat Indonesia. 

“Mereka melihat khususnya di Bali, seperti nilai-nilai community, masyarakatnya itu gotong-royong dan mereka juga antusiasmenya bukan hanya melihat peserta. Tapi, juga petugas-petugas TPS-nya. Sifat gotong-royongnya itu yang mereka sangat kagum dari masyarakat Indonesia, khususnya di Bali,” terangnya. 

Eric Jones seorang peninjau perwakilan dari Northern Illinois University (NIU) Amerika Serikat turut mengapresiasi penyelenggaraan EVP 2024 di Bali.

“Kami belajar, kami mendapatkan pelatihan yang bagus di sini tentang pemilu. Menyaksikannya pemilu di sini sungguh mengasyikkan. Saya menaruh harapan besar pada demokrasi Indonesia dan pemilu. Indonesia patut bangga dengan tradisi demokrasinya yang kuat,” katanya.

Senada dengan Eric, Elibarki Immanuel Kingu delegasi Parlemen Tanzania mengucapkan selamat kepada Indonesia yang sudah sukses menyelenggarakan salah satu pemilu terbesar di dunia.

“Selamat kepada Indonesia karena telah menyelenggarakan pemilu yang kredibel, transparan, demokratis, dan damai. Selamat Indonesia. Kami punya pelajaran yang bisa diambil dari kalian,” ucapnya.(rid/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs