Senin, 29 April 2024

Debat Capres Hari Ini, Jaleswari Sebut Ganjar Pranowo Berpihak pada Perempuan

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ganjar Pranowo Bacapres dan Mahfud MD Bacawapres bersama partai pendukung, Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPN GP) bersama ribuan relawan berkumpul di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023) untuk melakukan doa bersama sebelum mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk Pilpres 2024. Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Jelang debat calon presiden (capres) malam nanti, Jaleswari Pramodhawardani, Deputi Kantor Staf Presiden yang memimpin urusan bidang politik, hukum, pertahanan, keamanan, dan hak asasi manusia (HAM) berbagi pendapat soal keberpihakan Ganjar Pranowo capres nomor urut 3 kepada perempuan.

Pertemuan kedua para capres pada panggung debat hari ini akan memperlihatkan kekuatan visi dan misi seputar tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, geopolitik, globalisasi, dan politik luar negeri.

“Topik debat capres kali ini terkesan jauh dari isu perempuan. Namun sebetulnya Ganjar-Mahfud memasukkan isu kejahatan kekerasan seksual, tindak pidana perdagangan orang, dan bicara nasib soal pekerja migran Indonesia,” ujar dia dalam keterangannya, Minggu (7/1/2024).

Selain itu, lanjutnya, ketika bicara soal kondisi dunia saat ini, Ganjar juga berpihak pada perempuan.

“Soal perdamaian di wilayah konflik, di Palestina maupun kekerasan di Gaza yang semua korbannya adalah perempuan dan anak-anak juga akan ditekankan Mas Ganjar. Ini bentuk keseriusan terhadap persoalan perempuan dan anak serta kelompok inklusi lainnya,” kata perempuan yang akrab dipanggil Dani ini.

Sekadar diketahui, Dani juga menjabat sebagai Deputi Inklusi Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud. Tim yang terdiri dari sejumlah perempuan pemimpin tersebut dibentuk khusus untuk merangkul kelompok rentan seperti perempuan, penyandang disabilitas, dan masyarakat adat.

“Kami berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang mendukung kesetaraan gender, memastikan perempuan memiliki akses penuh terhadap pendidikan, pekerjaan dan tentu saja keputusan politik,” ucap Ganjar saat meresmikan dibentuknya tim inklusi TPN (17/11/2023).

Terkait dengan tema debat capres, Dani mengatakan Ganjar-Mahfud punya program unggulan yang tidak dipikirkan oleh pasangan calon (paslon) lain.

“Sebagai anak polisi berpangkat rendah, Mas Ganjar paham betul kesulitan-kesulitannya. Program Kuliah Gratis Anak TNI dan Polri akan yang menjamin lebih banyak anak TNI dan Polri bergelar sarjana untuk meningkatkan ekonomi keluarga,” jelas Dani.

Lebih lanjut, Dani mengatakan, masih banyak terjadi di mana jika ada faktor kesulitan ekonomi, maka yang didahulukan untuk sekolah adalah anak laki-laki, bukan anak perempuan. Program ini menjamin anak perempuan dari para tamtama dan bintara juga bisa dapat gelar sarjana.

Berdasarkan Statistik dan Indikator Pendidikan Berwawasan Gender (Kemendikbudristek, 2023) kesenjangan antara laki-laki dan perempuan terlihat dari kondisi makin tinggi jenjang pendidikan maka makin rendah partisipasi siswa perempuan pada jenjang tersebut dibandingkan dengan laki-laki. (faz/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs