Selasa, 30 April 2024

PBNU Ucapkan Selamat atas Kemenangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Gus Yahya dalam konferensi pers di Gedung PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2024). Foto: Istimewa Gus Yahya dalam konferensi pers di Gedung PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2024). Foto: Istimewa

KH Yahya Cholil Staquf Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengucapkan selamat kepada pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka atas kemenangan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) pada Pemilu 2024.

“PBNU mengucapkan selamat kepada Pak Prabowo Subianto dan Gibran atas ditetapkannya sebagai pemenang Pilpres,” kata kiai yang kerap disapa Gus Yahya itu dalam konferensi pers di Gedung PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2024).

Lebih lanjut ia juga menyatakan bahwa dalam konteks potensi sengketa pascapemilu, Gus Yahya menyerukan perdamaian dan penyelesaian masalah dengan bijaksana.

“Hal-hal yang menyangkut sengketa, marilah kita pecahkan dan cari jalan keluarnya. Supaya kita bisa menyelesaikannya sekaligus,” ujar Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Leteh, Rembang, Jawa tengah itu.

Gus Yahya juga mewanti-wanti agar tidak ada pihak yang melakukan manuver yang berpotensi mengganggu proses politik.

“Mari selesaikan alur proses politik ini dengan tenang, baik, dan agenda-agenda, tugas, maupun pekerjaan yang menanti, mari segera kita laksanakan dengan sebaik-baiknya,” ujar kiai kelahiran Februari 1966 itu.

PBNU, sambung dia, juga mengingatkan agar penyelesaian segala masalah dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

“Kami minta sungguh-sungguh supaya masalah appun diselesaikan dengan jalur semestinya. masalah-masalah politik bisa diselesaikan melalui prosedur lembaga politik di lembaga,” tambah dia.

Selain itu, PBNU juga menyampaikan keprihatinan terhadap kondisi sosial masyarakat yang terdampak bencana alam.

Untuk itu, Gus Yahya mengajak masyarakat luas agar menyikapi hasil pemilu dengan kesadaran akan suasana dalam negeri yang tengah memerlukan kepedulian besar atas bencana alam yang melanda sebagian wilayah Indonesia.

“Kami, PBNU mengajak masyarakat luas untuk menyikapi pengumuman hasil pemilu dengan kesadaran tentang suasana yang membutuhkan kepedulian yang besar mengenai masalah yang sedang dihadapi saudara-saudara kita yang kesusahan,” papar Gus Yahya.

“Ini adalah waktu yang membutuhkan kepedulian bagi kita semua untuk segera menuntaskan kesulitan yang dialami warga,” pungkas dia.

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi pemenang Pilpres pada Pemilu 2024. Hasil Pilpres 2024 tersebut tertuang dalam berita acara KPU nomor 218/PL.01.08-BA/05/2024.

Hasil Pilpres 2024 diumumkan langsung KPU usai merampungkan rekapitulasi nasional dan rapat pleno di Jakarta, Rabu (20/3/2024). Dengan demikian, KPU menyatakan pasangan calon Prabowo-Gibran memenangkan Pilpres 2024. (faz/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
28o
Kurs