Jumat, 3 Mei 2024

Sempat Diretas Selama 2 Jam, Akun Instagram Mahfud MD Kembali Pulih

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Tangkapan layar video berbahasa asing yang diunggah peretas akun Instagram pribadi Mahfud MD Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) pada Selasa (16/1/2024). Foto: Instagram

Akun Instagram Mahfud MD Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM (Menkopolhukam), sekaligus calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 3 kembali pulih setelah diretas selama kurang lebih 2 jam.

Rizal Mustary Staf Khusus Menkopolhukam mengatakan akun Instagram Mahfud MD, @mohmahfudmd, telah kembali dikendalilan oleh tim pengelola, sekitar pukul 18.00 WIB.

“Account secured, sudah kita kendalikan lagi,” kata Rizal melalui pesan singkat, Selasa (16/1/2024).

Sebelumnya, Rizal sempat mengumumkan akun Instagram Mahfud MD diretas oleh pihak yang tidak bertanggung-jawab. Menurut dia, situasi ini terjadi sejak Selasa (16/1/2024) pagi dan upaya pemulihan sedang dilakukan.

“Segala post dan direct message dari akun tersebut bukanlah dari Bapak Mahfud MD tapi dari pihak lain di luar pengelola,” kata Rizal, dalam pesan singkat, Selasa (16/1/2024).

Dugaan mengenai akun Instagram Mahfud MD yang diretas muncul seiring unggahan video singkat yang menunjukkan personel tentara Israel sedang bermain bola yang dioper secara estafet.

Video yang diunggah sekitar pukul 16.00 WIB itu diberi keterangan dengan tulisan bahasa Ibrani yang artinya “Tuhan di atasku, siapa yang bisa mengendalikanku?”.

Hal itu membuat netizen Indonesia berbondong-bondong memberi komentar di unggahan video tersebut. Beberapa Netizen yang ikut berkomentar bahkan sudah terverifikasi akunnya.

Sebagian netizen menduga akun Instagram Mahfud MD diretas karena menjelang Debat Keempat yang akan menampilkan para Cawapres dari 3 pasangan calon (paslon).

Beberapa netizen yang akun Instagramnya telah terverifikasi sangat menyayangkan peretasan tersebut karena dianggap merupakan upaya kotor terkait kontestasi Pemilu 2024.

Satu di antaranya adalah I Komang Triska Ananda Dilivianugraha Priantara yang akrab disapa Ananda Priantara aktivis sosial. Pendiri National Coordinator Satupadu Indonesia ini, memberi komentar pendek di unggahan video tersebut, “Bukan gini cara mainnya.”

Hal itu juga menimbulkan kekhawatiran sejumlah Netizen bahwa sekelas Mahfud MD yang merupakan pejabat negara dan cawapres saja bisa diretas akun Instagram-nya, apalagi masyarakat biasa.

“Seh mentri aja msh kena hack apa lagi kita yang receh 😢😢😢😂” kata Hashim Ashari, pemilik akun Instagram @hasimashmh yang sudah terverifikasi.

Namun ada juga Netizen yang menyatakan sikap bahwa peretasan akun Instagram, Mahfud MD justru semakin membuka mata pasangan capres-cawapres mana yang harus didukung.

“Makin didzolimi makin kami dukung,” kata Loro Fenri Prasojo dengan nama akun Instagram @sobat.kuliner.ig yang terkenal dengan konten jajanan dan kuliner.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
30o
Kurs