Jumat, 29 Maret 2024

Cara Menjadi Bangsa Pemilik

Laporan oleh Noer Soetantini
Bagikan

Judul Buku : A Nation of Owners, Membangun Indonesia dengan Intisari Pertanian
Penulis : Agus Pakpahan
Halaman : xv + 222 halaman
Penerbit : PT Ideals Agro Abrar

Dalam arus globalisasi yang makin kencang, kita tidak mengharapkan bahwa anak cucu kita akan menjadi bangsa kuli di kelak kemudian hari. “Nation of Owners” adalah gagasan bagaimana kita menjadi pemilik negeri tercinta ini.

Dengan kepemilikan yang dilengkapi oleh kemampuan, keahlian, dan kerja keras, serta cita-cita yang tinggi, maka harapan besar untuk menjadi negara maju dan merdeka akan menjadi kenyataan. Dan ini hanya bisa dicapai dengan cara membangun Indonesia melalui intisari pertanian. Ini yang sebenarnya harus diperjuangkan. (Penulis)

Sinopsis :
Buku ini merupakan kumpulan tulisan yang pernah dimuat di surat kabar dan majalah di Indonesia periode 2002-2005. Pada saat tersebut , penulis bekerja bersama-sama dengan para petani perkebunan dalam rangka mencari solusi-solusi permasalahan petani di bidang perkebunan.

Isi buku ini dibagi dalam 5 bab, mulai Bab Pendahuluan yang mengupas pandangan penulis tentang pentingnya kita menjadi Bangsa Pemilik (Nation of Powers). Sementara di Bab II menjawab pertanyaan “Apa yang Harus Kita Ciptakan ? Dalam Bab II ini, ada lima tulisan yang diupayakan bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Satu diantaranya tentang pro kontra terhadap globalisasi yang merupakan manifestasi pencarian arah dan jalan untuk mencapai tingkat kehidupan yang lebih baik, sesuai dengan keyakinan, pengalaman dan pengetahuan masing-masing. Dalam tulisan bertopik “Pembangunan Pertanian : Mencari Jalan Keluar dalam Kompleksitas Globalisasi”, penulis menyinggung soal China kenapa bisa tumbuh pesat menyalib Indonesia. Jawabannya, China tumbuh pesat karena tingginya tabungan masyarakat, perubahan struktural dan reformasi serta landasan yang dibangun pada 1978, (halaman 49).

Sementara untuk tema besar pembangunan yang berkelanjutan, penulis menjelaskan pemikirannya dalam Bab V. Dalam bab ini dua hal penting dijadikan bahan perenungan adalah bagaimana kita bisa membuat perencanaan dan rancangan pembangunan yang berdasarkan kondisi geografis Indonesia yang berstruktur kepulauan dan menjaga serta memelihara lingkungan hidup, (halaman 179).

Deskripsi :
Meski buku ini merupakan kumpulan tulisan dari Ketua Badan Eksekutif Gabungan Asosiasi Petani Perkebunan Indonesia (GAPPERINDO), namun isi buku sangat padat. Bisa dipahami karena penulisnya adalah praktisi di industri agrobis dengan latar belakang pendidikan di bidang pertanian.

Buku ini cukup penting, bagi siapa saja yang ingin mengetahui permasalahan yang ada di tanah air. Karena dengan membaca tulisan, akan diingatkan, bahwa kita adalah bangsa yang besar dan tidak seharusnya menjadi bangsa kuli.

Bagikan
Berita Terkait

Cinta Dunia Akhirat

Misteri Tangan Kanan

Tubuh Gemuk Tapi Ramping

Pasang Surut Bisnis Sampoerna

The Secret


Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs