Selasa, 7 Mei 2024

DPT Pilwali Ditetapkan, Pemilih Didominasi Perempuan

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap Pilwali Surabaya 2015 di Kantor KPU Surabaya. Foto: Abidin suarasurabaya.net

KPU Kota Surabaya akhirnya menyelesaikan rapat pleno Rekapitulasi Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Surabaya 2015, Jumat (2/10/2015).

Hasil rapat pleno tersebut, ditetapkan jumlah DPT untuk Pilwali Surabaya 2015 sebanyak 2.034.307 pemilih. Rianciannya, pemilih laki-laki 994.026 dan pemilih perempuan 1.040.281.

Jumlah tersebut mengalami penyusutan 34.939 pemilih jika dibandingkan dengan Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang telah ditetapkan pada awal September 2015 silam sebanyak 2.069.246.

”Menurunnya jumlah DPT ini banyak sebab. Ada data ganda sudah dicoret, pindah domisili, TNI/ Polri dan penduduk yang sudah meninggal dunia,” ujar Nurul Amalia Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Data usai rapat pleno penetapan DPT di kantor KPU Surabaya, Jumat malam.

Nurul mengatakan bahwa rekap secara keseluruhan di 31 kecamatan hampir mereta mengalami penurunan. “Di seluruh kecamatan trennya menurun. Banyak koreksi,” katanya.

Setelah ditetapkan, kata Nurul, DPT akan diumumkan di balai RT/RW dan kelurahan mulai tanggal 12 Oktober 2015. Selain itu, DPT juga dapat dicek di www.kpu-surabayakota.go.id dengan memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan).

“Silakan dipastikan di TPS mana pemilih terdaftar sehingga memudahkan pada saat pemungutan suara 9 Desember mendatang,” katanya.

Rapat pleno yang digelar mulai pukul 14.WIB baru selesai Pukul 19.00 WIB. Pleno itu diikuti lima komisioner KPU Surabaya, anggota Panwaslu, para PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dari 31 kecamatan, Panwascam dan perwakilan tim dua pasangan calon. (bid/ipg)

Teks Foto:
– Tiga anggota Panwaslu saat menandatangani berita acara setelah penetapan hasil Pleno Penetapan DPT di KPU Surabaya.
Foto: Abidin suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
29o
Kurs