Jumat, 19 April 2024

Bu Nyai Se-Surabaya Deklarasikan Jaringan Relawan Gus Ipul-Puti

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Saifullah Yusuf (Gus Ipul) Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 deklarasikan Jaringan Relawan Surabaya (Jawara), Jumat (16/2/2018). Foto: Istimewa.

Saifullah Yusuf (Gus Ipul) Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 deklarasikan Jaringan Relawan Surabaya (Jawara), Jumat (16/2/2018) di Quds Royal Hotel Surabaya.

Deklarasi kali ini digagas tiga bersaudara Ibu Nyai yakni Nyai Makkiyah Asad Syamsul Arifin; Nyai Isaiyyah Asad Syamsul Arifin; dan Nyai Juwariyah Fawaid. Mereka yang mendeklarasikan diri umumnya adalah para Ibu Nyai se-Surabaya dan alumni santri Pesantren Salafiyah Syafi’iyah, Sukorejo, Situbondo.

Nyai Hj. Makkiyah yang merupakan pengasuh tiga Pesantren Salafiyah Syafi’iyah, Sukorejo, Situbondo; Pesantren Al-Huda Sumber Nangka, Duko Timur, Larangan Pamekasan, dan Pesantren As-Shidqiyah Perum Batu Kencana, Kabupaten Sumenep, mengatakan deklarasi kali ini digelar tanpa ada paksaan.

“Ini dari hati, kami mendukung Gus Ipul dari hati tidak mengharap apapun kecuali mencari kemenangan bagi Gus Ipul,” kata Makkiyah.

Dukungan kepada Gus Ipul, kata dia, didasari atas perintah jumhur (mayoritas) Kiai sepuh di Jawa Timur.

“Pesan para Kiai jelas. Hasil istikharah yang saya lakukan juga jelas bahwa yang harus kita dukung adalah Gus Ipul,” kata Makkiyah.

Hal senada diungkapkan Nyai Juwariyah. Menurut dia, selain panggilan hati, dukungan kepada Gus Ipul didasari atas tiga alasan. Yakni karena Gus Ipul adalah calon yang direstui para Kiai.

“Beliau bukan mencalonkan diri tapi dicalonkan para Kiai,” kata Juwariyah. Karena perintah Kiai, maka partai politik pertama yang mendukung Gus Ipul adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Alasan berikutnya adalah adanya pesan dari Kiai Fawaid Asad. Semasa hidupnya, Kiai Fawaid berpesan saat Gus Ipul mencalonkan diri sebagai Gubernur maka harus didukung penuh.

“Alasan ketiga adalah Gus Ipul ini berpengalaman 10 tahun menjadi wakil gubernur. Beliau sudah sabar 10 tahun saat ini sudah waktunya Gus Ipul jadi Gubernur,” ujarnya.

Terkait deklarasi ini Gus Ipul mengaku semua digerakkan para relawan khususnya para Ibu Nyai.

“Kita berterima kasih kami tidak bisa menemui menjangkau semua lapisan masyarakat dan relawan seperti ini yang akan membantu,” kata Gus Ipul.

Dengan relawan seperti ini, maka visi dan misi yang selama ini telah dirumuskan bisa dengan cepat sampai ke masyarakat.

Dalam kesempatan deklarasi ini, para santri dan relawan yang hadir juga sempat menyanyikan lagu “Kabeh Sedulur” bersamaan. Bahkan Gus Ipul juga sempat bergabung dalam kelompok ishari dan menabuh terbang bersama para santri. (bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs