Minggu, 5 April 2020

KPU Gelar Konvoi Damai, Inilah Rute Yang Dilalui

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur bakal menggelar pembukaan kampanye damai pemilihan umum secara serentak pada Sabtu (15/3/2014) besok siang.

Kampanye damai yang diikuti seluruh partai politik serta calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) akan digelar dengan cara pawai dan dimulai sekitar pukul 13.00 WIB dari lapangan Markas Kodam V/Brawijaya.

Choirul Anam, Komisioner Devisi Teknis dan Data KPU Jawa Timur, Jumat (14/3/2014) mengatakan, pawai damai kali ini akan digelar dengan arak-arakan mobil hias dari seluruh peserta pemilu.

“Masing-masing parpol kami batasi maksimal 25 mobil dan untuk DPD maksimal 10 mobil. Kampanye ini hanya untuk mobil, sepeda motor, becak, maupun sepeda gunung dilarang ikut,” kata Coirul Anam.

Rute yang akan dilalui dalam pawai kampanye damai kali ini adalah dari markas Kodam V/Brawijaya lantas menuju ke Jl. Hayam Wuruk; Jl. Ciliwung; Jl. Raya Darmo; Jl. Urip Sumoharjo; Jl. Basuki Rahmad; Jl. Embong Malang; Jl. Blauran; Jl. Bubutan; lantas memutar di Monumen Tugu Pahlawan; kemudian mengarah ke Jl. Pahlawan; Jl. Gemblongan; Jl. Tunjungan; Jl. Gubernur Suryo; Jl. Panglima Sudirman; Jl. Urip Sumoharjo; Jl. Raya Darmo dan finish di Taman Bungkul.

KPU memperkirakan panjang arak-arakan pada pawai damai kali ini akan lebih dari 3 kilometer. “Nanti tiap-tiap parpol ada jeda 5 menit sehingga tidak menumpuk,” ujarnya.

Mantan anggota KPU Surabaya ini mengatakan, panjang arak-arakan pawai damai kali ini memang cukup panjang karena ada tambahan peserta pawai dari KPU Surabaya.

Awalnya, KPU Surabaya bersama seluruh parpol peserta pemilu juga akan menggelar acara serupa, tapi karena pertimbangan kemacetan, pawai akhirnya digabungkan jadi satu dengan rute yang sama.

Sementara itu, sebelum pawai damai, para peserta pemilu ini juga akan menandatangani deklarasi kampanye damai yang juga akan dihadiri forum pimpinan daerah mulai dari Gubernur, Ketua DPRD, Kapolda, Pangdam, serta pejabat lainnya.

Sekadar diketahui, pawai damai ini sekaligus untuk menandai dimulainya kampanye terbuka yang akan digelar selama 20 hari sejak tanggal 16 Maret hingga 5 April 2014. Sedangkan proses pencoblosan pemilu sendiri digelar pada 9 April 2014. (fik/ipg)

Teks Foto :
– Ilustrasi
Foto : Dok suarasurabaya.net

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Korban Rumah Roboh di Ketintang

Trailler Tabrak Pembatas Jalan di Tol

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Surabaya
Minggu, 5 April 2020
27o
Kurs