Jumat, 1 Juli 2022

Livi Zheng Membawa Film Blitar dan Amazing Blitar ke Los Angeles

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Drs. Rijanto Bupati Blitar membuka konser, pentas seni dan pemutaran film tentang Amazing Blitar di Los Angeles, Amerika Serikat. Foto: Istimewa

Memiliki potensi keindahan pariwisata, keragaman agama dan budaya serta seninya, kabupaten Blitar berhasil dikenal hingga keluar Indonesia, bahkan Los Angeles, Amerika Serikat. Melalui kemampuan sutradara berbakat Hollywood, Livi Zheng, kota kelahirannya dapat dikenal dunia berkat karya filmnya yang berjudul ‘Blitar’

Berdasarkan rilis yang diterima suarasurabaya.net, Sabtu (5/5/2918), film yang mengangkat Triangle Diamond ini ditayangkan di Los Angeles, Amerika Serikat, Rabu (2/5/2018) malam pukul 19.00 WIB. Konsep Triangle Diamond sendiri terdiri dari Pantai Serang, Perkebunan Teh Sirah Kencong, serta Candi Penataran.

Tayangan film ‘Blitar’ sekaligus melengkapi sebuah konser, pentas seni dan budaya dari tim kesenian Pemerintah Kabupaten Blitar yang bertajuk Amazing Blitar. Tim kesenian Pemkab Blitar ini tidak hanya mementaskan seni dan budaya masyarakat setempat, tetapi juga membawa pengunjung dan penonton di Los Angeles seolah ikut dan merasakan ritual, estetika dan keindahan panorama Blitar.

Acara yang dihadiri langsung oleh Drs. Rijanto Bupati Blitar itu membawa tim keseniannya sebanyak 17 orang. Tampilan seni tari yang dipertunjukkan di LA diantaranya Tari Emprak, Tarian Remo dan Tari Jaranan.

Sebelumnya, Tari Emprak tercatat pernah dipentaskan di Eropa. Sedangkan Tari Jaranan biasanya ditampilkan sebagai bagian dari kegiatan ritual atau upacara adat. Tarian Remo merupakan tarian selamat datang yang menyambut kedatangan para tamu di awal acara.

Uniknya, pentas seni dan film premiere Amazing Blitar ini dilaksanakan tepat pada peringatan Hari Pendidikan Nasional yakni pada 2 Mei 2018. Meskipun jauh dari Blitar, Livi dan Julia serta Bupati Rijanto ikut memberikan pendidikan mengenai sejarah dan seni mengenai sebuah kota bersejarah dan kaya dengan berbagai potensi alam, pariwisata dan seni budaya.

Bupati Rijanto juga mendampingi Livi dan Julia Gouw seorang bankir di AS, yang berasal dari Jawa Timur, menjadi dosen tamu di University of California Los Angeles (UCLA) bagian Asian Languages and Cultures. Dalam kesempatan menjadi dosen, mereka berbagi tentang keunggulan Blitar dan Indonesia. Mulai dari potensi alam sampai potensi sumber daya manusianya.

Tak ketinggalan Livi Zheng juga menampilkan film garapannya, ‘Blitar’. Mahasiswa yang diajarkannya itu berasal dari berbagai Negara. Saat sesi dialog, para mahasiswa sangat antusias mengetahui lebih jauh mengenai Blitar dan Indonesia. Bahkan, beberapa di antaranya berencana juga untuk berkunjung ke Blitar.

Selanjutnya, Bupati Rijanto dan Livi Zheng juga memenuhi undangan untuk menjadi narasumber di salah satu kelas musik ethnomusicology UCLA. Topik pembahasan Livi dan Bupati adalah tentang kebudayaan dan kesenian Indonesia yang sebetulnya sudah mendunia, seperti gamelan Indonesia yang sudah dipakai dalam film Star Trek, Avatar, dan Akira.

Konser, pentas seni dan film premiere Amazing Blitar juga semakin lengkap karena selain Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, juga hadir di LA, AS, mantan Juru Bicara Presiden Susilo Bambang Yudhoyo Dino Patti Djalal. Kedua tokoh ini bahkan mendukung Amazing Blitar dengan memberikan sambutan dan promosi yang juga dapat dilihat di https://youtu.be/TEBS32eZSUY. (tna/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Jumat, 1 Juli 2022
32o
Kurs