Jumat, 26 April 2024

TAI Surabaya Tampil di Jember, Siapkan Pentas di Jakarta

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Saat Teater Api Indonesia memainkan lakon Brongkos di Surabaya. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Kelompok Teater Api Indonesia (TAI) Surabaya terus berlatih keras untuk penampilannya di Jember sebagai satu diantara uji coba persiapan pentas di Jakarta. Masih tetap bawakan lakon Dor karya Putu Wijaya.

Luhur Kayungga sutradara TAI Surabaya membenarkan bahwa pada akhir bulan April 2019 nanti, kelompoknya akan tampil di Jember masih membawakan lakon Dor karya Putu Wijaya yang sebelumnya pernah ditampilkan di Surabaya dan Jombang.

“Lakon Dor karya Putu Wijaya memang cukup mewakili untuk kondisi masyarakat kita saat ini. Dan penampilan kami di Jember nanti masih membawakan lakon tersebut. Penampilan di Jember ini juga sebagian dari pemanasan kami sebelum tampil di Jakarta,” terang Luhur Kayungga.

Untuk penampilan di Jakarta nanti, kata Luhur masih membawakan lakon yang sama, dan dipastikan akan membutuhkan latihan sekaligus pemanasan intens, mengingat penonton di Jakarta sangat antusias dengan pertunjukan teater.

“Karena itu kami butuh latihan lebih intens sekaligus mempersiapkan segalanya menjadi lebih keras lantaran penonton di Jakarta berbeda dengan penonton di kota lainnya. Ini menjadi perhatian khusus kami lantaran kami juga ingin tampil maksimal,” tambah Luhur.

Sebelumnya, lakon Dor sudah pernah ditampilkan di Surabaya dan Jombang yang keduanya mendapat sambutan hangat dari penonton yang hadir saat itu. “Oleh karenanya kami tetap ingin tampil maksimal, terutama untuk penonton Jakarta,” tegas Luhur.

Ditambahkan Luhur pemilihan naskah Dor karya Putu Wijaya tidak semata-mata lantaran naskah tersebut sangat kekinian, tetapi juga karena nama Putu Wijaya sebagai penulis naskah sangat memberikan inspirasi, karena karya-karyanya sangat kontekstual dengan masa depan.

Pada Jumat (12/4/2019) Luhur bersama sejumlah anggota TAI Surabaya melakukan latihan dan pemanasan sebagai satu diantara upaya memperkuat stamina sekaligus penampilan maksimal untuk pentas di Jember nanti.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs