Jumat, 14 Juni 2024

Pandemi, Pameran Seni Rupa Virtual Jadi Pilihan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Foto: Ilustrasi

Di masa pandemi Covid-19, berbagai lini kehidupan terdampak. Termasuk dunia seni rupa. Pameran seni rupa secara virtual jadi pilihan.

Pameran seni rupa berskala nasional bahkan internasional, ramai-ramai memilih cara virtual atau daring untuk tetap melaksanakan aktivitasnya di tengah pandemi ini.

“Karena ini adalah alternatif yang bisa dilakukan di tengah pandemi. Pameran masih tetap bisa dilaksanakan, dan menghindarkan siapa saja agar tidak sampai melanggar protokol kesehatan, ” kata  Agus Koecink Kurator seni rupa, Sabtu (31/10/2020).

Agus setidaknya melihat beberapa hal positif di balik pameran seni rupa virtual tersebut. Seniman khususnya para perupa masih tetap bisa berkarya dan berproses lalu bersama-sama menggelar pameran virtual.

Hal lain yang juga dinilai positif oleh Agus adalah keharusan Seniman atau perupa untuk mampu tetap menyesuaikan diri dengan fasilitas yang ada, pada setiap aktivitas virtual atau daring sendiri.

“Artinya, Seniman masih punya kesempatan di masa pandemi ini untuk tetap bisa berproses. Terus berkarya dan bersiap menggelar pameran lewat kanal-kanal virtual. Ini juga bagian dari kemampuan Seniman beradaptasi, ” kata Agus yang juga dosen seni rupa.

Agus mengingatkan bahwa hingga hari ini masih belum diketahui kapan pandemi ini usai. Bahwa Seniman harus memastikan diri untuk terus berkreasi selama pandemi juga jadi kewajiban.

“Karena itu, pameran virtual mau tidak mau harus tetap dipahami Seniman sebagai bagian dari ruang ekspresi sekaligus tetap bisa berkarya, ” pungkas Agus. (tok/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 14 Juni 2024
29o
Kurs