Jumat, 29 Maret 2024

Lebaran di Masa Pandemi Covid-19, KBS Tetap Jadi Pilihan Masyarakat

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Antusiasme warga masyarakat untuk mengunjungi Kebun Binatang Surabaya di Sabtu (15/5/2021). Foto: Totok suarasurabaya.net

Pandemi Covid-19 memang masih belum berakhir dan Lebaran tahun ini masih di tengah masa pandemi itu. Tapi kunjungan ke KBS tetap jadi pilihan masyarakat meluangkan waktu dan menikmati liburan.

“Tahun ini nggak mudik. Anak-anak minta ke KBS. Yang penting protokol kesehatan tetap dilaksanakan. Sebelum Lebaran sudah pernah ke KBS dengan protokol kesehatan. Yang penting anak-anak senang,” ujar Sukisworo warga Kebraon, Surabaya, Sabtu (15/5/2021).

Setelah terlebih dahulu melakukan pemesanan tiket, Sukisworo wajib mengikuti prosedur protokol kesehatan. Mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, mencuci tangan sampai dengan pemakaian masker dilakukan Sukisworo beserta keluarga.

Abdul Mufti warga Siwalankerto justru memilih ke Kebun Binatang Surabaya (KBS) daripada ke luar kota Surabaya guna menikmati Lebaran 2021 bersama keluarganya. Penyekatan di perbatasan kota, juga jadi alasan Abdul Mufti tidak berlibur ke luar Surabaya.

“Kalau kena penyekatan, terus di suruh putar balik, kok rasanya nggak enak ya. Kan sudah diinformasikan sejak Ramadan ngapain juga maksa? ke KBS saja wes, liburan dalam kota saja,” kata Abdul Mufti.

Dari catatan Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS, Kamis (13/5/2021) hari pertama Lebaran tercatat lebih 2.000 orang pengunjung hadir di KBS. Dan hari ke dua Lebaran, Jumat (14/5/2021) sekitar 3.000 orang hadir di KBS.

“Sabtu (15/5/2021) perkiraan kami akan hadir lebih dari 3.500 pengunjung. Dan bisa jadi Minggu (16/5/2021) adalah puncak kunjungan ke KBS. Pengunjung tetap wajib patuh protokol kesehatan, ” ujar Agus Supangkat Humas PDTS KBS, Sabtu (15/5/2021).

Sejumlah petugas berjaga di akses masuk KBS untuk melakukan pemeriksaan protokol kesehatan sebelum masuk lingkungan KBS. “Di dalam juga ada petugas yang memantau pengunjung agar tidak berkerumun dan bergerombol serta tetap patuh protokol kesehatan,” pungkas Agus Supangkat.(tok/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs