Jumat, 19 April 2024

Pencipta Permainan Sudoku Meninggal karena Kanker Saluran Empedu

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Maki Kaji pencipta permainan puzzle Sudoku. Foto: New York Times

Maki Kaji, pencipta Sudoku meninggal dunia pada usianya yang ke-69 tahun karena kanker saluran empedu.

“Maki Kaji, yang menyebarkan cinta teka-teki di dunia sebagai ‘Godfather of Sudoku,’ meninggal dunia pada 10 Agustus 2021 pukul 22:54 di rumahnya di Tokyo,” tulis pihak Nikoli, perusahaan yang menaungi Sudoku dilaporkan Antara, Rabu (18/8/2021).

“Kaji datang dengan nama Sudoku dan dicintai oleh penggemar puzzle dari seluruh dunia. Kami berterima kasih dari lubuk hati kami atas perlindungan yang telah Anda tunjukkan sepanjang hidupnya,”

Maki Kaji diketahui putus kuliah pada tahun 1980-an dan meluncurkan majalah teka-teki pertama di Jepang melalui perusahaan Nikoli. Beberapa tahun setelah debut majalah itu, Maki melihat permainan puzzle berbasis angka unik yang disebut Number Place yang dibuat oleh arsitek Amerika, Howards Garns.

Maki pun kala itu ingin menampilkan permainan serupa di majalahnya. Namun, dia ingin membuat permainan tersebut dengan nama Jepang.

Maki pun menamai versi permainannya dengan “Suji-wa-Dokushin-ni-Kagiru,” yang diterjemahkan menjadi “Angka harus lajang, bujangan,”. Sayangnya nama ini tidak menjadi hits. Kemudian, Maki pun menggagas nama baru untuk permainannya yaitu Sudoku.

Meski permainan ini memiliki banyak penggemar, puzzle angka ini tidak langsung meledak selama bertahun-tahun sampai pada 2004 lalu. Namun, Maki tidak menerima keuntungan finansial dari keberhasilan Sudoku. Pihaknya mengatakan, kekayaan bukanlah tujuan yang ada di dalam pikiran Maki ketika meluncurkan permainan teka-teki ini.

Sejak tahun 31 Juli 2021, Maki Kaji telah menyerahkan posisinya sebagai CEO perusahaan Nikoli pada mantan pemimpin redaksinya, Yoshinao Anpuku.(ant/dfn/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs