Minggu, 21 Juli 2024

Eco Wisata Romokalisari Akan Hadirkan Mini Zoo dan Wahana Air

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Eri Cahyadi saat mencoba menaiki wahana berkuda Eco Wisata Romokalisari. Foto: Pemkot Surabaya

Eco Wisata Romokalisari, Benowo, Surabaya, yang segera dibuka pada pertengahan September 2022 akan menghadirkan kebun binatang mini (mini zoo) sebagai wahana edukasi anak.

Ir. Antiek Sugiharti, Kepala Dinas Pertanian dan Pertahanan Pangan Surabaya mengatakan, terdapat berbagai macam jenis binatang di Eco Wisata Romokalisari.

“Jadi nanti akan ada mini zoo, anak-anak bisa mengenal dan memberi makan berbagai binatang seperti kuda, kelinci, rusa, kambing hias, kura-kura dan berbagai binatang lainnya,” ujar Antiek saat dihubungi Suara Surabaya, Sabtu (3/9/2022).

Selain itu Antiek juga menjelaskan terdapat berbagai macam wahana air yang dapat dinikmati pengunjung seperti perahu, sekoci, kano, jetski dan bebek-bebekan. Tersedia dua jalur susur sungai yaitu jalur panjang dan jalur pendek.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya mencoba Jetski di kawasan wisata pesisir Romokalisari, Senin (20/12/2021). Foto: Humas Pemkot Surabaya

“Kita ada 2 jalur untuk susur sungai, ada jalur yang panjang dan pendek dengan nuansa yang berbeda. Kemudian kita juga siapkan perahu yang dapat digunakan berkeliling ke Pulau Galang dan melihat Pulau Maria,” katanya.

Dia menambahkan, sampai saat ini Eco Wisata Romokalisari masih pada tahap pengerjaan. Sehingga saat launching tiba belum semua wahana bisa dinikmati. Adapun beberapa wahana yang sudah bisa dinikmati setelah launching di antaranya wahana kano, sekoci, perahu, jetski, ATV dan bebek-bebekan.

Wisata dengan luas area 20 hektare ini memiliki beragam fasilitas yang lengkap seperti tempat parkir, tempat makan, toilet, gazebo di beberapa spot dan mushola.

Antiek menjelaskan lebih lanjut saat ini masyarakat yang ingin berkunjung ke Eco Wisata Romokalisari masih belum dipungut biaya. Sedangkan untuk dapat menikmati beberapa wahana akan dikenakan tarif yang masih terjangkau bagi masyarakat.

“Untuk menikmati wahana itu, beberapa spot akan dikelola bersama MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah–red). Jadi masyarakat yang ingin bermain wahana tersebut harus membayar, yang nanti uangnya itu akan digunakan untuk menambah pendapatan MBR. Harga bervariasi tetapi masih sangat terjangkau untuk masyarakat,” tuturnya.

Antiek mengajak seluruh masyarakat Surabaya berkunjung ke Eco Wisata Romokalisari mengisi hari libur.

“Monggo bapak, ibu, adek-adek, mungkin tempat wisata ini bisa menjadi alternatif mengisi hari libur. Mungkin ketika di siang hari di sekitar wilayah ini juga banyak perkantoran atau pabrik-pabrik, para karyawan bisa menikmati makan siang di Edupark Romokalisari. Di hari libur bisa pergi bersama keluarga menikmati tempat yang memiliki nuansa berbeda di Surabaya dan bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada. Insyaallah dalam satu atau dua minggu ini kalau sudah selesai akan diresmikan oleh bapak walikota,” pungkasnya.(gat/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Minggu, 21 Juli 2024
24o
Kurs