Kamis, 28 Maret 2024

Film Pendek & Lagu “Sang Pemula” Dirilis Bertepatan pada Hari Pahlawan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kru film pendek serta penyanyi untuk single lagu "Sang Pemula" saat dijumpai di Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (9/11/2022). Foto: Antara

Bertepatan momentum Hari Pahlawan Nasional yang diperingati hari ini (10/11/2022), Yayasan Priatman Untuk Negeri mempersembahkan sebuah karya film pendek beserta single yang berjudul “Sang Pemula”.

“Yayasan Priatman Untuk Negeri mempersembahkan film pendek ini untuk kakek buyut saya yang telah mendedikasikan hidupnya bagi Tanah Air. ‘Sang Pemula’ menjadi julukan yang sarat akan makna, melalui julukan itulah kami melihat Tirto sebagai inisiator dalam dunia pers dan jurnalistik di Indonesia,” kata Mirza Whibowo Soenarto Ketua Pembina Yayasan Priatman Untuk Negeri saat dijumpai Antara di Jakarta Selatan, Rabu (9/11/2022) malam.

“Kami ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk bisa menapak tilas bagaimana perjuangan Tirto Adhi Soerjo di masa silam dalam menyuarakan hak berpendapat. Pengorbanan yang dilakukan Tirto, perlahan berhasil membuat masyarakat Indonesia pada masa itu terbuka pikirannya dan berani dalam berpendapat,” sambungnya.

Film pendek “Sang Pemula” menceritakan kisah R.M Tirto Adhi Soerjo yang merupakan seorang pahlawan Nasional sekaligus kakek buyut dari Mirza Whibowo Soenarto.

Tirto dikenal sebagai Bapak Pers Nasional karena semasa hidupnya berkontribusi dan berdedikasi terhadap dunia pers. Pada era penjajahan, Tirto memperjuangkan suara-suara rakyat kecil agar seluruh rakyat Indonesia dapat bebas mengeluarkan aspirasi dan pendapat.

Tirto semasa hidupnya berupaya untuk memperjuangkan hak-hak rakyat yang pada saat itu ditekan oleh penjajah.

Film yang berdurasi 12 menit ini disutradarai oleh dua sineas muda Surya Penny & Senry Alvin yang tergabung dalam grup Juyama. Film ini diperankan oleh aktor dan aktris, yaitu Muhammad Abe sebagai Tirto, Ardina Rasti sebagai Rana yang merupakan seorang dosen jurnalistik yang tertarik dengan isu-isu sejarah di masa lalu.

“Film ini sangat menarik dan wajib disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Di samping kisah inspiratif dari Tirto Adhi Soerjo, film ini juga memiliki pesan moral yang mendalam dimana ada perjuangan dan pengorbanan sosok pahlawan yang membuat dunia jurnalistik dan pers bisa seperti sekarang ini,” papar Juyama sutradara film pendek “Sang Pemula”.

“Film ini juga memberikan wawasan baru kepada penonton bahwa kebebasan dalam menyuarakan pendapat tidak serta merta terjadi begitu saja, tapi karena ada tokoh yang mengorbankan nyawa di dalamnya,” lanjutnya.

Selain peluncuran film pendek, Mirza Whibowo Soenarto juga meluncurkan single yang berjudul sama yakni “Sang Pemula”. Lagu yang diciptakan oleh Mirza dan dinyanyikan oleh musisi Once Mekel.

“Sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi saya pribadi atas kesempatan untuk mengerjakan proyek single Sang Pemula bersama Andre Dinuth. Lagu ciptaan Mas Mirza ini sangat unik, memiliki makna yang dalam menafsirkan pengorbanan Tirto Adhi Soerjo,” tutur Once Mekel.

Film pendek “Sang Pemula” dirilis perdana secara serentak pada tanggal 10 November hari ini di channel YouTube Priatman Untuk Negeri. Sementara itu untuk single “Sang Pemula” dapat dinikmati di Digital Streaming Platform MW Records Indonesia seperti Joox, Spotify, Resso dan platform lainnya.(ant/tik)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
28o
Kurs