Jumat, 1 Maret 2024

Ahli Gizi Sarankan Santap Daging Kurban dengan Asupan Nabati

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi sate daging kurban. Foto : Pixabay Pictures

Lia Efritanurika Ahli Gizi RSUD Kota Tangerang, mengatakan menyantap daging kurban saat Iduladha, dengan diolah menjadi berbagai masakan boleh saja, untuk sumber protein hewani, tetapi harus ditambahkan dengan asupan nabati dalam satu piring yang sama.

“Dalam satu piring atau satu porsi ketika menyantap daging kurban pastikan ada protein nabati untuk menyeimbangkan gizi. Contohnya, tahu, tempe, dan tumis sayur atau olah daging menjadi sop dengan tambahan wortel, tomat, dan sayur-sayur lainnya,” kata Lia Efritanurika di Tangerang Rabu.

Melansir Antara, selain melengkapi dengan sayur mayur, Lia menyarankan untuk memperhatikan agar penggunaan santan, minyak, atau margarin tidak berlebih saat mengolah daging.

Kemudian, lanjut Lia, disarankan pula membuang bagian lemak pada daging untuk mengurangi konsumsi lemak berlebih di tubuh.

“Usahakan untuk menggunakan hanya bagian merah saja tanpa ada lemak atau sedikit lemak,” ujarnya.

Lia mengingatkan bahwa penggunaan santan, minyak, atau margarin secara berlebihan akan menambahkan kadar lemak dalam pengolahan daging.

“Gunakan santan, minyak, atau pun margarin secukupnya,” ujar Lia.

Lebih lanjut sang ahli gizi RSUD Kota Tangerang mengimbau masyarakat di wilayah kerjanya tetap bijak dalam mengolah daging kurban serta memperhatikan asupan gizi yang seimbang saat menyantapnya.

“Mari pastikan apa yang kita konsumsi tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga bergizi dan bermanfaat untuk tubuh kita agar tetap beraktivitas dengan maksimal. Jangan lupa juga untuk tetap mengonsumsi buah-buahan, minum air mineral dengan cukup, dan berolahraga,” tuturnya. (ant/dvn/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Jumat, 1 Maret 2024
33o
Kurs