Rabu, 15 Mei 2024

Google Jajal Teknologi AI untuk Ciptakan Background di Meet

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi Logo Google. Foto: Reuters

Google dilaporkan sedang menguji coba kecerdasan buatan (AI) generatif untuk dapat menciptakan background di layanan konferensi video mereka, Google Meet.

Seperti yang dilaporkan The Verge, fitur ini dikerjakan oleh Google Workspace Labs dan pertama kali terungkap setelah ditemukan oleh Artem Russakovskii pendiri Android Police.

Dilansir Antara pada Rabu (19/7/2023), fitur itu bisa diaktifkan pengguna Google Meet dengan mudah seperti saat ingin mengubah ikon efek di bagian kanan bawah video sebelum bergabung ke dalam rapat.

Ketika pengguna mengetikkan background yang diinginkan serta memilih kategori, AI generatif menghadirkan pilihan latar belakang yang sesuai dengan tema tersebut.

Jika saat konferensi video sudah berlangsung dan pengguna ingin mengubah latar belakang, Google Meet akan memberikan opsi yang bisa membantu untuk mengubahnya dengan memilih apply vision effects.

Karena masih dalam uji coba, fitur Google Meet itu belum dirilis kepada publik. Namun jika ingin mencoba, maka pengguna bisa bergabung dengan program pengujian Workspace Labs.

Apabila beruntung, pengguna bisa mencoba fitur itu. Namun perlu diingat saat memutuskan bergabung dengan akun pribadi.

Itu berarti pengguna bersedia mengikuti kebijakan privasi Google Workspace Labs. Salah satunya terkait dengan kesediaan memberikan data untuk diproses dan diakses oleh Google.

Jika uji coba ini mendapatkan tanggapan positif, maka mungkin saja fitur background yang diciptakan oleh AI generatif di Google Meet akan dirilis untuk publik dalam waktu dekat. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 15 Mei 2024
31o
Kurs