Senin, 20 Mei 2024

Android 15 Bisa Tampilkan Informasi Kesehatan Memori Internal Gawai

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi Android 15. Foto: Shutterstock Ilustrasi Android 15. Foto: Shutterstock

Google tengah mengembangkan sistem operasi Android menjadi lebih andal lewat Android 15. Salah satu caranya dengan meningkatkan informasi yang diberikan kepada pengguna.

Lewat temuan terbaru di Android Open Source Project, melalui Android 15 yang saat ini masih dalam tahap pengembangan, ternyata Google menyertakan indikator informasi untuk kesehatan memori internal dari gawai berbasis Android.

Melansir Antara pada Minggu (21/4/2024), fitur tersebut mirip dengan indikator di beberapa ponsel yang mampu menunjukkan kesehatan baterai. Dimana fitur yang disertakan di Android 15 disiapkan untuk menunjukkan kesehatan dari perangkat penyimpanan pengguna.

Temuan itu pertama kali diungkap oleh Android Authority pada Kamis (18/4/2024). Mereka menampilkan Antarmuka Pemprogaman Aplikasi (API) baru dari Android 15 yang menunjukkan kemampuan menyediakan informasi kesehatan penyimpanan ke sistem operasi tersebut.

Saat ini, belum ada cara mudah untuk mengetahui berapa banyak keausan memori penyimpanan pada chip ponsel.

Padahal hal itu bisa menjadi informasi penting mengingat chip memori juga bisa aus seiring waktu, sama seperti komponen perangkat keras lainnya.

Dengan fitur di Android 15 itu , maka pengguna nantinya bisa mudah melihat persentase dan kesehatan dari perangkat penyimpanan internal di gawainya.

Adapun Google memanfaatkan informasi dari chip memori yang digunakan di masing-masing gawai dengan sebagian besar ponsel modern menggunakan jenis penyimpanan yang disebut UFS (penyimpanan flash universal).

Chip memori ini sebenarnya memiliki indikator bawaan, berapa banyak penggunaan yang telah mereka miliki namun jarang diperlihatkan kepada pengguna.

Dengan pengembangan di Android 15, maka Google dapat mengakses informasi ini dan menerjemahkannya ke dalam persentase yang dapat dipahami dengan mudah.

Saat ini informasi kesehatan penyimpanan tersebut memang masih dalam pengembangan, dan mungkin tidak tersedia di semua ponsel yang menjalankan Android 15.

Namun dapat dipastikan ponsel Pixel dari Google tentu bakal menjadi yang pertama mendukungnya.

Setelah tersedia, nantinya pengguna gawai dapat mengetahui tentang berapa lama penyimpanan ponselnya bisa bertahan dan bekerja optimal sebelum mulai aus.

Fitur ini juga dapat membantu pengguna untuk membuat pertimbangan apakah gawainya perlu ditingkatkan atau diganti. (ant/azw/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
33o
Kurs