Senin, 22 April 2024

Google Rilis Fitur Pencarian Berbasis Gambar Baru untuk Ponsel Android

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Arsip foto - Logo Google di kantor mereka di New York City, Amerika Serikat (20/1/2023). Foto : Antara

Google, pada Kamis (18/1/2024), mengatakan bahwa pihaknya meluncurkan fitur pencarian berbasis gambar baru untuk ponsel pintar Android premium.

Fungsi baru, bernama “Circle to Search”, akan tersedia bagi pengguna model seri Google Pixel 8, Pixel 8 Pro, dan Samsung Galaxy S24 dalam semua bahasa mulai 31 Januari, menurut raksasa teknologi AS tersebut.

Google mengatakan Circle to Search dapat meningkatkan pengalaman mendalam penggunanya dengan menyediakan cara baru untuk mencari sesuatu di ponsel mereka tanpa berpindah aplikasi, dan memungkinkan metode pencarian yang lebih “intuitif” dan “alami”.

Fungsi tersebut akan diaktifkan hanya dengan menahan tombol beranda atau bilah navigasi di ponsel Android, dan pengguna dapat melingkari, menyorot, mencoret-coret, atau mengetuk gambar untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang item dalam gambar.

Namun, terkait perlindungan hak cipta, fungsi tersebut tidak akan tersedia untuk gambar pribadi atau gambar yang tidak dapat diambil melalui tangkapan layar, jelas perusahaan.

Yonhap menyiarkan seperti dilansir Antara, Google juga berencana meluncurkan ikhtisar berbasis kecerdasan buatan (AI) dalam multi pencarian untuk Android dan iOS minggu ini dalam bahasa Inggris di Amerika Serikat.

Google tidak merinci rencananya untuk memperluas kemampuan tersebut ke wilayah lain atau bahasa lain.

“Google akan terus membayangkan masa depan di mana pengguna dapat melakukan pencarian kapan saja, di mana saja mereka inginkan” kata Wakil Presiden Pencarian Google Elizabeth Reid.

“Kami selanjutnya akan menerapkan AI generatif untuk meningkatkan pengalaman pencarian pengguna dengan cara yang konstruktif,” tambah dia.(ant/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 22 April 2024
26o
Kurs