Rabu, 17 Juli 2024

Tak Perlu ke Bali, Ini Lima Rekomendasi Pantai Indah di Jawa Timur

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Pantai Muara Kasih identik dengan nuansa klasik jadi rujukan wisata warga Situbondo. Foto : pariwisata.situbondokab.go.id

Jawa Timur memiliki wisata alam yang beragam. Wisatawan yang berkunjung ke Jawa Timur dapat mengunjungi pantai, bukit, gunung, kawah hingga air terjun.

Secara geografis, pantai di Jawa Timur diklasifikasikan menjadi pantai laut utara dan pantai laut selatan. Keduanya memiliki karakter masing-masing. Pantai laut selatan memiliki ciri khas pasir putih halus, air berwarna biru, dan berombak tinggi. Sedangkan laut Utara jawa memiliki ciri khas pasir yang berwarna coklat kehitaman, air laut keruh, arus air laut cukup tenang, dan ombak tidak kencang.

Berikut informasi tentang lima pantai indah di Jawa Timur yang bisa jadi destinasi liburan bersama teman dan keluarga.

1. Pantai Teluk Ijo

Wisata pantai teluk hijau merupakan pantai yang masih asri. Pantai ini terletak di kawasan Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi. Pengunjung yang datang dapat berjalan kaki dari parkiran ke pantai dengan memakan waktu kurang lebih 60 menit.

Tidak hanya itu, akses menuju pantai juga menantang, sehingga para pengunjung diharapkan dapat memakai alas kaki yang aman dan nyaman selama perjalanan.

Pemandangan wisata Pantai Teluk Ijo dari jalur jalan pejalan kaki. Foto: Aulia Magang suarasurabaya.net

Selain berjalan kaki, pengunjung juga dapat menaiki kapal dari Pantai Rajekwesi menuju ke Pantai Teluk Ijo. Namun, akses ini tidak dibuka sewaktu-waktu sesuai dengan perkembangan ombak pantai.

Akses yang menantang tersebut dapat terbayarkan dengan melihat pasir pantai yang bersih dan hangat, air terjun yang menyatu dengan pantai hingga hiasan karang-karang di bibir pantai.

Pengunjung yang datang ke pantai ini diharapkan waspada dengan barang bawaan karena terdapat monyet liar yang berkeliaran.

Tiket masuk wisata Pantai Teluk ijo ini mulai Rp5.000 (Senin-Jumat) hingga Rp7.500 (Sabtu dan Minggu)

2. Pantai Papuma

Pantai Papuma terletak di Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Papuma merupakan nama dari gabungan kata “Pasir Putih Malikan”. Jadi, tidak heran jika banyak wisatawan yang menggemari pasir putih Pantai Papuma ini.

Kawasan Pantai Papuma memiliki daratan yang menjorok ke laut dan dikelilingi oleh perbukitan. Pengunjung yang ingin menikmati sensasi keindahan Papuma harus melewati jalanan yang menanjak ke bukit, kemudian turun untuk sampai ke pantai.

Pantai Papuma. Foto: tanjungpapuma.com

Meski rute perjalanan yang cukup menantang, wisatawan dapat melihat keindahan pantai seperti zamrud berwarna hijau dari atas bukit. Warna hijau tersebut dihasilkan dari alga laut yang mengelilingi bibir pantai.

Harga tiket wisata ini juga tergolong ekonomis cukup mengeluarkan Rp15.000 saja per orang. Pengunjung yang datang dapat mendapatkan fasilitas berupa tempat parkir, toilet, kedai kuliner, tempat istirahat, mushola dan lain sebagainya.

3. Pantai Muara Kasih

Pantai Muara Kasih terletak di daerah Dusun Gemuk, Desa Gelung, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo Jawa Timur.

Berbeda dengan pantai lain, pantai muara kasih ini dihiasi dengan bangunan klasik yang terbuat dari kayu dan lampu kuning di sepanjang bangunan.

Pengunjung yang datang dapat menikmati keindahan pantai secara gratis. Pengunjung cukup mengeluarkan biaya Rp2.000 untuk biaya parkir.

Letak pantai ini berlokasi kurang lebih 10 kilometer dari Alun-Alun kota Situbondo. Pengunjung dapat mendatangi pantai ini menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

4. Pantai Blado

Pantai Blado terletak di Desa Munjungan, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek.

Pantai ini terlihat asri dan tenang karena wisatawan yang berkunjung masih dapat dihitung jari. Selain itu, di kawasan wisata pengunjung akan melihat nelayan yang sedang bekerja dan tidak jarang mereka juga membeli dan menyantap hasil buruan nelayan setempat.

Ombak yang tinggi dan angin yang kencang menjadi ciri khas pantai ini.

Keindahan Pantai Bledo menjadi daya tarik wisatawan. Foto: Pemkab Trenggalek

Jadi, jarang wisatawan datang untuk bermain air. Mayoritas pengunjung yang datang memiliki tujuan untuk sekedar duduk di sekitar pantai di bawah rimbunan pohon kelapa.

Pengunjung yang memasuki kawasan wisata ini tidak dikenakan biaya oleh pengelola (warga). Warga setempat memiliki tujuan bahwa hadirnya wisata baru membuka peluang baru untuk warga yang berminat di bidang usaha.

5. Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung.

Tidak hanya tertarik dengan keindahan air laut, wisatawan yang berkunjung juga tertarik untuk melihat karang-karang dan tebing yang terjal di area bibir pantai.

Pengunjung yang ingin bermalam dapat mendirikan tenda di area parkir. Pengunjung tidak diperkenankan terlalu dekat dengan pantai karena ombak yang cukup tinggi.

Pesona Pantai Laut Selatan di Tulungagung. Foto: Insan Wisata

Jika beruntung, pengunjung juga dapat melihat keindahan lumba-lumba yang muncul di permukaan.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan Pantai Kedung Tumpang tidak dikenakan biaya, hanya saja pengunjung akan dikenakan tarif untuk parkir kendaraan.(ala/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Rabu, 17 Juli 2024
27o
Kurs