Kamis, 2 Mei 2024

Tips Tren Perawatan Kulit Kepala untuk Kesehatan Rambut

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi rambut rontok. Foto: Health Harvard

Natasha Cook, Dokter kulit di Sydney, Australia mengatakan kulit kepala dan wajah memiliki kebutuhan yang sangat mirip. Artinya, menjaga kesehatan kulit kepala berdampak pada kesehatan dan pertumbuhan rambut.

“Kulit kepala yang tidak sehat akan menyebabkan rambut rontok, belum lagi rasa tidak nyaman karena mengelupas dan gatal-gatal,” katanya, dilansir Antara, Sabtu (17/2/2024).

Cook juga mengungkapkan cara mengatasi gatal dan pengelupasan kulit kepala dengan beralih ke sampo dan kondisioner yang lebih lembut. Namun masalah yang lebih lanjut atau persisten memerlukan penilaian profesional.

Katanya, merawat kesehatan kulit kepala dimulai dengan keramas satu atau dua kali seminggu. Lebih dari itu akan menghilangkan minyak alami dan penghalang, yang dapat menyebabkan peradangan. Selain itu, rutinitas perawatan rambut juga harus disesuaikan dengan kondisi kulit kepala, dan kebiasaan perawatan lainnya.

Jaye Edwards Pendiri salon Edwards and Co, menyarankan untuk yang rutin menggunakan produk seperti hairspray atau sampo kering, sebaiknya menggunakan scrub eksfoliasi untuk menghilangkan penumpukan dan menstabilkan produksi minyak.

Cook juga menyarankan untuk menggunakan perawatan rambut tanpa bilas, mengonsumsi makanan seimbang yang kaya antioksidan dan nutrisi, dan menyisir rambut secara teratur, untuk membantu pertumbuhan dengan meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut.

Di sisi lain, Hannah English ilmuwan farmasi mengatakan bahwa kerusakan akibat sinar matahari dapat menyebabkan iritasi kulit kepala, dan menyarankan untuk memakai topi serta menggunakan tabir surya.

Adapun menggunakan sikat pijat silikon lebih menyenangkan saat keramas, tetapi English mengatakan produk ini benar-benar meningkatkan pertumbuhan rambut “masih bersifat anekdot pada saat ini.

Ia juga mengatakan bahwa meskipun produk-produk seperti serum, minyak, dan scrub dapat membantu kesehatan rambut, produk-produk tersebut “tidak memiliki bukti yang kuat untuk pertumbuhan rambut seperti obat-obatan farmasi”. (ant/sya/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
26o
Kurs