Kamis, 22 Oktober 2020

Peringati 10 Tahun Pasch Schule, SMAN 15 Surabaya Gelar SFF

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Para siswa usai menonton film diajak praktikum. Foto: Totok suarasurabaya.net

Peringati 10 tahun Pasch Schule atau sekolah mitra dengan Pemerintah Jerman, Selasa (6/11/2018) SMAN 15 Surabaya gelar pemutaran Science Film Festival (SFF).

Sejumlah film-film ilmu pengetahuan, Selasa (6/11/2018) digelar di SMAN 15 Surabaya, memperingati 10 tahun Pasch Schule atau sekolah mitra dengan pemerintah Jerman melalui Goethe Institute.

Yang menarik, usai menyaksikan film-film yang diputar, penonton diajak untuk melakukan praktikum terkait dengan film-film yang diputar. SMAN 15 Surabaya sejak sekitar tahun 2008 lalu telah menjalin kerjasama dengan Goethe Institute.

Setelah melakukan penandatanganan kerjasama, SMAN 15 Surabaya kala itu menjadi 1 diantara 10 sekolah mitra yang bekerjasama dengan Pemerintah Jerman. Ada kewajiban bagi SMAN 15 Surabaya untuk para siswa-siswinya mampu mencapai level A1, A2 bahkan B1 untuk belajar bahasa Jerman.

“Harapan kami anak-anak menjadi lebih tertarik dengan berbagai kegiatan ilmu pengetahuan. Termasuk ilmu pengetahuan sederhana, yang bisa menambah pengalaman serta pengetahuan bagi mereka. Kegiatan yang langsung dengan praktek seperti ini menjadikan sebuah pengalaman positif bagi siswa,” terang Johanes Mardijono Kepala SMAN 15 Surabaya.

Sementara itu, Science Film Festival (SFF) 2018 dijadwalkan digelar di 42 kota seluruh Indonesia mulai 23 Oktober 2018 hingga 13 November 2018.

Tema khusus yang dipilih tahun ini: Revolusi Pangan: Menghadapi Tantangan Tahun 2050, menyoroti ancaman lingkungan akibat produksi pangan. Seperti pemanasan global dan ancaman lingkungan telah menjadi masalah sosial maupun politik.

Program festival kali ini berupaya menjelaskan risiko lingkungan yang terkait dengan perilaku konsumsi pangan kita serta solusi-solusi potensial untuk masa depan dengan cara yang menyenangkan dalam permainan dan mudah dipahami.

Kerjasama Kedutaan Besar Republik Federal Jerman bersama sejumlah pihak ini, yang kemudian diwujudkan pada program SFF 2018 dijadwalkan menyapa anak-anak Indonesia dan mengajak mereka mengenal sains melalui 15 film yang menghibur, semuanya disulih suara ke dalam Bahasa Indonesia, serta program interaktif dengan berbagai eksperimen dan lomba.(tok/ipg)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan Menjelang Exit Tol Gunungsari arah Satelit

Macet di Tol Waru arah Satelit

Kecelakaan Truk di Tol Ngawi-Solo

Kecelakaan Mobil di Raya Darmo

Surabaya
Kamis, 22 Oktober 2020
34o
Kurs