Minggu, 28 April 2024

Cegah Banjir, Warga RT 4 Ngagel Rejo Kompak Bersihkan Saluran Air

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Warga RT 4 RW 8 Ngagel Rejo, Wonokromo, Surabaya, saat sedang membersihkan saluran air di sekitar rumah warga, dalam kerja bakti "Surabaya Bergerak", Minggu (26/2/2023). Foto: Abdi/magang suarasurabaya.net

Semangat menjaga lingkungan ditunjukkan warga RT 4 RW 8 Ngagel Rejo, Wonokromo, Surabaya, dengan membersihkan saluran air di sekitar rumah warga dalam kegiatan kerja bakti bertajuk Surabaya Bergerak, Minggu (26/2/2023).

“Kegiatan hari ini fokus pembersihan tertuju pada saluran air di sekitar rumah warga untuk mencegah banjir. Soalnya di gang dua kemarin sempat banjir. Kalau hujannya terlalu deras, air menumpuk di rombong-rombong itu,” ujar ujar Supriyadi Ketua RT 4 RW 8 Ngagel Rejo.

Menurutnya, salah satu faktor penyebab banjir karena saluran air di lingkungan tempat tinggal warga kurang dalam.

“Jalannya lebih rendah daripada teras rumah,” imbuhnya terkait alasan mengapa daerah tempat tinggalnya masih mengalami banjir.

Supriyadi melanjutkan, antusias warga untuk ikut telibat dalam kegiatan kerja bakti ini juga sangat tinggi.

“Guyub rukun, di RT 4 ini. Keluar semua warganya,” tuturnya.

Selain karena warga nya yang guyub rukun, keserentakan warga juga dibentuk karena kesadaran diri dalam menjaga wilayahnya supaya tidak banjir lagi

Lebih lanjut, dia berharap pada Pemerintah Kota Surabaya untuk melakukan pembenahan pada saluran air di area tempat tinggalnya.

“Gama gang dua ini kan belum dipasang paving, jadi mungkin nanti kalau saluran air diperbaiki terus jalannya ditimbun lebih tinggi, mungkin banjir itu bisa berkurang,” tandasnya.

Sekadar informasi, giat kerja bakti “Surabaya Bergerak” terselenggara atas inisiasi Suara Surabaya Media dengan Pemerintah Kota Surabaya yang melibatkan unsur pentahelix, didukung PT Pelindo Terminal Petikemas, CitraLand Surabaya Green, Clean and Modern International City dan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER).

Program itu mengajak warga untuk kerja bakti serentak membenahi saluran tersier di perkampungan. Langkah itu mendukung Pemkot Surabaya yang sedang melakukan perbaikan, juga pembangunan saluran primer mau pun sekunder.

Selain mengoptimalkan penanganan banjir, Surabaya Bergerak juga bertujuan membangun serta memupuk semangat gotong-royong warga dalam menjaga kotanya.(abd/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs