Selasa, 30 April 2024

Antisipasi Arus Balik, Ditlantas Polda Jatim Prioritaskan Satu Titik

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi kepadatan arus balik. Foto: Antara

Selama momen mudik Lebaran, Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) telah mencatat berbagai lokasi kepadatan dalam kurun waktu H-7 Hari Raya Idulfitri.

Hasilnya, banyak evaluasi yang dilakukan, sekaligus langkah baru yang harus disiapkan untuk meminimalisir kepadatan kembali terjadi pada momen arus balik, yang diprediksi terjadi mulai Jumat (6/5/2022) hari ini.

Kombes Pol Latif Usman Dirlantas Polda Jatim pada Radio Suara Surabaya, Jumat (6/5/2022) menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan beberapa langkah serta memberikan prioritas pada satu titik yang berpontensi menyebabkan kemacetan.

“Yaitu penyeberangan Ketapang yang akan kita atur sedemikian rupa, sehingga tidak terjadi kepadatan di pelabuhannya. Kita sediakan kantong parkir, sehingga yang akan ke pelabuhan betul-betul yang sudah mau berangkat, dan tidak menyebabkan penumpukan,” paparnya.

Pembelian tiket kapal diharapkan bisa dilakukan masyarakat secara online, agar bisa membantu penerapan kantong parkir. Hal ini karena pemegang tiket bisa mengetahui jadwal kapan harus menuju ke pelabuhan, sehingga tidak terjadi penumpukan.

Terdapat tujuh ruas jalan tol yang sempat terjadi kepadatan pada momen arus mudik kemarin, yakni Km 12 Gunungsari Tol Surabaya Gempol, Gate Tol (GT) Sidoarjo dua, Km 763 Porong Sidoarjo, GT Kejapanan, Exit Tol Pandaan, GT Singosari dan Exit Tol Bandar Jombang.

“Kami akan tetap siaga dan tidak underestimate (meremehkan), walaupun kemarin saat momen arus mudik bisa berjalan dengan baik. Masyarakat bisa menikmati penggunaan jalan tol dengan nyaman, apalagi di jalur-jalur arteri tidak terdapat kemacetan yang tinggi atas rekayasa lalu lintas yang sudah dilakukan Kepolisian,” ujar Latif.

Atas rekayasa lalu lintas yang sudah dilakukan kepolisian, kata dia, tujuh titik tersebut serta wilayah lain yang juga berpontensi terjadi kemacetan, dapat ter-cover dengan baik. Peran serta masyarakat dalam membantu melancarkan penerapan rekayasa lalu lintas menjadi kunci keberhasilannya.

Selain itu, adapula wilayah lain seperti di kawasan Mengkreng, Mantingan, Ngawi dan Bojonegoro yang sempat dilaporkan mengalami kepadatan. Meski demikian, kata Latif, pelambatan kendaraan tersebut hanya berlangsung paling lama satu jam, dan tidak sampai berhenti total.

Sedangkan untuk kawasan Madura, bahkan Lumajang yang sempat dikabarkan mengalami kemacetan sampai dua hari, lanjut Dirlantas, disebabkan oleh peningkatan volume dan terjadi penyempitan jalan.

Dirlantas Polda Jatim berpesan kepada masyarakat, agar bisa menuda keberangkatannya jika memang memungkinkan, untuk menghindari penumpukan kendaraan pada momen arus balik kali ini. (bil/ipg)

 

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
26o
Kurs