Selasa, 30 April 2024

Persebaya Pindah Home Base ke Gresik Selama GBT Direnovasi

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Konferensi Pers Persebaya pindah homebase selama Stadion GBT Direnovasi, Senin (9/1/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Persebaya pindah kandang sementara di Stadion Gelora Joko Samudro (GJS) Gresik selama Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) direnovasi untuk persiapan Piala Dunia U20 2023.

Trio Wahyu Bowo Kepala Bidang (Kabid) Olahraga Disbudporapar Kota Surabaya menyampaikan, berdasarkan surat edaran (SE) Kementerian PUPR tanggal 2 Januari 2023, tertulis pemegang atau pemilik dilarang menggunakan stadion atau lapangan untuk kegiatan apapun.

“Dilarang menggunakan stadion atau lapangan dalam bentuk apa pun, termasuk digunakan sebagai homebase Persebaya. Kami menghormati keputusan itu, karena Piala Dunia U-20 2023 akan dimulai pada Mei mendatang,” kata Trio saat konferensi pers di Kantor Diskominfo Surabaya, Senin (9/1/2023).

Trio menerangkan, sudah berkoordinasi dengan manajemen Persebaya sehingga pemkot sedang berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik untuk menggunakan Stadion Gelora Joko Samudro (GJS) sebagai home base Persebaya.

Tak hanya GBT, sesuai SE Kementerian PUPR, ada tiga venue lain yang tidak dapat dipergunakan untuk kegiatan. Antara lain yakni, lapangan latihan A dan C Stadion GBT, Lapangan Thor Gelora Pancasila, serta Gelora 10 November di Tambaksari.

“Sesuai SE itu, berlaku mulai Januari-Juli 2023 belum dapat digunakan. Setelah bulan Juli, bebas digunakan oleh siapapun,” terang Trio.

Sementara Alex Tualeka Manajer Fans Relation Persebaya Surabaya mengaku sudah mencari alternatif home base lain yang tak jauh dari Kota Surabaya.

“Untuk saat ini Persebaya telah melakukan pendekatan dan telah mengurus perizinan di Stadion GJS, Kabupaten Gresik. Hal ini tentunya tidak luput dari kolaborasi antara Pak Wali Kota Eri Cahyadi serta jajarannya dengan Pemkab Gresik,” tanggap Alex.

Usai surat perizinan dari Pemkab Gresik diturunkan, lanjutnya, pertandingan pertama di home base Stadion GJS akan digelar 14 Januari 2023, Persebaya Surabaya melawan Persikabo Bogor. Digelar tanpa penonton.

Alex berharap, perizinan dari Pemkab Gresik bisa segera diturunkan agar Persebaya dapat menyiapkan diri untuk latihan, pada pertandingan home base di pertengahan Januari 2023 mendatang.

“Kami harap bisa segera turun surat perizinannya, agar kami bisa mempersiapkan diri untuk latihan di Stadion GJS, Gresik,” pungkasnya. (lta/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
30o
Kurs