Selasa, 23 April 2024

BI: Inflasi Pekan Pertama Januari 0,5 persen

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Dody Budi Waluyo Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI). Foto: Antara

Dody Budi Waluyo Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) menyebutkan tingkat inflasi pada pekan pertama Januari 2019 mencapai 0,5 persen atau secara tahun ke tahun (year on year/yoy) 3,03 persen.

“Inflasi relatif cukup bagus ya. Survei pemantauan harga minggu pertama menunjukkan inflasi sekitar 0,5 persen. Jadi jatuhnya year on year 3,03 persen,” kata Dody saat ditemui usai ibadah shalat Jumat di Kompleks Perkantoran BI, Jakarta, Jumat (11/1/2019), seperti ditulis Antara.

Dody menuturkan, komoditas pendorong inflasi antara lain daging ayam, telur ayam, cabe, dan bawang. Kendati demikian, lanjut Dody, tekanan inflasi dari bahan pangan atau volatile food relatif stabil seperti tahun sebelumnya.

“Tidak ada perubahan besar tekanan inflasi dibandingkan tahun lalu,” ujar Dody. Bank sentral sendiri tetap optimistis tingkat inflasi bisa dijaga di kisaran 2,5-4,5 persen seperti yang ditargetkan BI.

Penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang diperkirakan akan dilakukan oleh pemerintah pada tahun ini, juga sudah masuk dalam hitungan BI.

“Memang risiko inflasi akan ada kalau pemerintah melepas kebijakan BBM, seandainya ada penyesuaian harga BBM domestik, tapi itu masih calculated di mid target kita di 2019,” kata Dody. (ant/dim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
30o
Kurs