Sabtu, 20 April 2024

Dampak Corona, Kunjungan Mal di Surabaya Turun 25-30 Persen

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Pengelola pusat perbelanjaan diminta untuk mengendalikan kapasitas jumlah orang yang berada di dalam gedung secara keseluruhan. Baik itu gerai, area makan, atrium, dan hall. Maksimal hanya diperbolehkan untuk menampung 50 persen dari total ruang gerak bebas. Foto: Hamim/Dokumen suarasurabaya.net

Kunjungan masyarakat ke mal di Surabaya turun sampai 25-30 persen. Sutandi Purnomosidi Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Jawa Timur mengatakan, penurunan ini wajar di tengah kekhawatiran masyarakat pada penyebaran virus corona (COVID-19).

“Jadi sebetulnya penurunan jumlah pengunjung terjadi hampir di semua mal. Itu tidak hanya di Surabaya tapi juga Jakarta. Kalau Surabaya, penurunannya rata-rata 25-30 persen secara umum. Memang menurut kami wajar, karena ada imbauan social distancing. menjaga jarak, jangan ke keramaian. It’s okay,” ujar Sutandi kepada suarasurabaya.net pada Rabu (18/3/2020).

Suasana di depan mal Tunjungan Plaza Surabaya pada Selasa (17/3/2020) sore. Foto: Hamim suarasurabaya.net

Ia mengatakan, kondisi ini pasti akan segera berlalu. Sutandi Purnomosidi yang juga Direktur Marketing Pakuwon Group ini menyatakan, tidak akan membuat langkah-langkah tertentu untuk meningkatkan jumlah pengunjung.

“Kalau kami melihatnya seperti ini. Kalau kami membuat event-event untuk meningkatkan jumlah pengunjung, adalah sesuatu yang kontraproduktif. Kenapa? Karena kita juga mau mendukung program pemerintah untuk siap sementara ini sacrifice, berkorban dulu lah. Paling juga dua minggu kan,” jelasnya.

 

Suasana di mal Tunjungan Plaza Surabaya pada Selasa (17/3/2020) sore. Foto: Hamim suarasurabaya.net

Meski begitu, ia juga berharap kondisi ini segera pulih dan kembali normal. Ia juga meminta masyarakat agar tidak panik dan tetap waspada. Menambahkan, ia menyebut mal juga melakukan langkah-langkah pencegahan untuk mengurangi penyebaran virus ini.

“Kami yakin, dengan melakukan social distancing. Di Mal juga sudah kami lakukan. Contohnya, kita menjaga di dalam lift maksimal 6 orang. Line antrean berjarak 1 meter dari orang di depan dan hal-hal ini tentunya menghindarkan kita dari covid. Menyediakan sejumlah hand sanitizer. Hidup harus berjalan terus. kita tidak boleh kalah, takut oleh corona,” katanya.

Sutandi menjelaskan, hingga saat ini, event-event di mal yang direncanakan digelar di bulan Maret sudah dibatalkan. Hanya event yang direncanakan pada bulan April dan Mei tetap on schedule. (bas/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs