Jumat, 29 Maret 2024

Jalur Aman, KA Surabaya – Jakarta Beroperasional Kembali

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Perbaikan rel kereta api karena banjir mengakibatkan perjalanan kereta api dari Surabaya ke Jakarta, terkendala. Foto: Humas Daop 1 Jakarta

Jalur hilir Kereta Api (KA) antara Stasiun Kedunggedeh – Stasiun Lemahabang, Kabupaten Bekasi, Selasa (23/2/2021) sudah dapat dilewati oleh semua kereta api setelah sebelumnya tergerus oleh banjir.

“Dengan beroperasinya jalur tersebut, maka perjalanan kereta api keberangkatan menuju Jakarta, khususnya  Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen, dapat kembali beroperasi,” terang Luqman Arif Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Selasa (23/2/2021).

Kereta api pertama yang melintasi jalur tersebut adalah KLB D1/10481 pada pukul 10.29. Demi pertimbangan keselamatan, maka kerets yang melintas jalur tersebut masih dibatasi kecepatannya hanya 10 km per jam, dan bertahap nanti akan terus ditingkatkan.

Luqman menambahkan bahwa selama dua hari berturut-turut petugas KAI bekerja secara terus menerus selama 24 jam untuk menguatkan fondasi, menambah batu balas/kricak, dan memadatkan jalur KA dengan menggunakan alat berat. Untuk mempercepat proses perbaikan, KAI juga menambah petugas dari Daop 2 Bandung dan Daop 3 Cirebon.

“Kami atas nama manajemen PT KAI Daop 8 Surabaya mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat banjir yang terjadi wilayah Daop 1 Jakarta,” tambah Luqman.

KAI akan terus melakukan normalisasi pada jalur double track tersebut sehingga lintas tersebut dapat dilewati kembali dengan kecepatan normal. Dalam upaya normalisasi ini, seluruh jajaran KAI hingga level Direksi turun langsung ke lapangan untuk memastikan progres pengerjaannya.

Perjalanan KA keberangkatan Selasa (23/2/2021) dengan rute menuju Jakarta yang kembali beroperasi adalah untuk tujuan Jakarta Pasarsenen, adalah KA Jayabaya relasi Malang – Pasarsenen Jakarta; KA Dharmawangsa relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen Jakarta; KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng – Pasarsenen Jakarta.

Sedangkan untuk tujuan Jakarta Stasiun Gambir adalah KA Argo Bromo Anggrek Pagi relasi Surabaya Pasarturi – Gambir; KA Gajayana relasi Malang – Gambir; KA Bima relasi Surabaya Gubeng – Gambir dan KA Argo Bromo Anggrek Malam relasi Surabaya Pasarturi – Gambir.

Masyarakat atau calon penumpang dari Daop 8 Surabaya yang telah memiliki tiket perjalanan kereta api menuju Jakarta sesuai jadwal keberangkatan pada Selasa (23/2/2021) sore dan malam hari dapat melakukan perjalanan kembali.(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs