Jumat, 29 Maret 2024

Asosiasi Teh Indonesia Tanda Tangani Kerja Sama dengan Asosiasi China

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi Kebun Teh. Foto Pixabay

Asosiasi Teh Indonesia menandatangani kesepakatan kerja sama kemitraan bisnis dengan Rongxian Tea Industry Association yang membawahi sejumlah perusahaan teh di China.

“Hal itu sebagai upaya untuk memperkuat kerja sama ekonomi dan perdagangan antara Indonesia dan China,” kata Marina Novira Anggraini Atase Perdagangan Kedutaan Besar RI di Beijing, Selasa (1/11/2022).

Ia berharap kerja sama pada sektor industri dan perdagangan teh tersebut menguntungkan kedua negara.

Seperti dilansir dari Antara, menurut data Atase Perdagangan KBRI Beijing, selama Januari-September 2022 nilai ekspor teh Indonesia ke China telah mencapai 3,5 juta dolar AS (sekitar Rp54,73 miliar) atau tumbuh sebesar 25,20 persen dibandingkan periode Januari-September 2021.

Namun selama periode itu pula, nilai impor teh Indonesia dari China mencapai 6,2 juta dolar AS (sekitar Rp96,97 miliar) atau tumbuh 680,70 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

“Nah di sinilah pentingnya asosiasi teh kedua negara melakukan kerja sama teknis. Ini bagian dari strategi kita agar ekspor teh kita ke China juga mengalami kenaikan yang signifikan,” kata Marina.

Ia menganggap pasar teh di negara berpenduduk 1,4 miliar jiwa itu sangat luas sehingga industri teh Indonesia memerlukan asosiasi yang memiliki jaringan luas di China.

Indonesia menempati peringkat ke-6 dari 91 negara pengekspor teh ke China dan kerja sama kedua negara di bidang industri teh dianggap perlu ditingkatkan.(ant/gat/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs