Jumat, 29 Maret 2024

OJK Optimis Ekonomi Tumbuh di Atas 5 Persen Meski Harga BBM Naik

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Mahendra Siregar Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (tengah) bersama jajarannya dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (5/9/2022). Foto: Antara

Mahendra Siregar Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), optimistis ekonomi Indonesia tetap tumbuh kuat di atas lima persen pada tahun 2022, meski terdapat kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang akan mempengaruhi inflasi dan perekonomian.

“Kenaikan harga BBM justru memberi sinyal bahwa peningkatan untuk memenuhi kebutuhan permintaan di Indonesia dapat direspons dengan meningkatnya investasi dan pada gilirannya produksi dan pasokan dari berbagai barang dan jasa yang dibutuhkan,” kata Mahendra dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (5/9/2022) dilansir Antara

Dengan demikian, dia berharap perbankan maupun keseluruhan lembaga pembiayaan dapat merespon, dengan segera menyalurkan fungsi intermediasi kepada sektor riil yang membutuhkan pembiayaan maupun kredit, agar dapat meningkatkan produksinya maupun melakukan investasi.

Mahendra menjelaskan, kenaikan harga BBM merupakan respon yang ditunggu dari pemerintah untuk menghadapi kondisi defisit anggaran, yang menjadi risiko tersendiri lantaran adanya kenaikan harga minyak dunia beberapa waktu lalu

Jika kondisi ketidakpastian global yang terus berlanjut tidak direspons dengan sesuai, maka akan memunculkan risiko yang dapat mempengaruhi kepercayaan terhadap kondisi ekonomi Indonesia maupun pengelolaan fiskal yang berkelanjutan.

Oleh karenanya, Mahendra menjelaskan, kenaikan harga BBM yang telah ditetapkan tersebut memberi kejelasan mengenai posisi dan kebijakan yang diambil pemerintah untuk tetap menjalankan kebijakan fiskal yang berkelanjutan, sekalipun ketidakpastian terhadap harga minyak terus berlangsung.

“Hal itu yang dapat memberikan sinyal kuat bagaimana langkah ke depan untuk menghadapi berbagai risiko yang ada. Ini juga memberikan sinyal yang sangat jelas dan menjaga kepercayaan bahwa pemerintah mengambil kebijakan yang memang berat namun harus dilaksanakan,” tuturnya.

Dengan keyakinan yang ada, dirinya berharap perbankan semakin bisa memanfaatkan likuiditas untuk segera menyalurkan kredit, baik melalui kredit modal kerja (KMK) maupun kredit investasi. saat ini, KMK meningkat cukup tinggi dan jika pertumbuhan ekonomi terus terjaga, kredit investasi pun bisa turut mengikuti dalam beberapa waktu ke depan. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs