Selasa, 28 Mei 2024

RPH Surabaya: Tak Perlu Panic Buying, Stok Daging Aman Selama Ramadan dan Idulfitri

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Fajar Arifianto Dirut Rumah Potong Hewan (RPH) Surabaya, Selasa (19/4/2022). Foto : Manda suarasurabaya.net

Fajar Arifianto Direktur Utama Rumah Potong Hewan (RPH) Surabaya memastikan ketercukupan stok daging selama Ramadan dan Idulfitri, meski ada fluktuasi harga di pasaran.

“Di pasar memang ada fluktuasi tapi RPH tetap menyediakan stok yang cukup,” kata Fajar kepada suarasurabaya.net, Selasa (19/4/2022).

Dia menambahkan, peningkatan permintaan dan fluktuasi harga daging jelang lebaran adalah hal yang lumrah.

“Biasanya ada peningkatan permintaan dan fluktuasi harga meningkat Rp10 ribu dan itu wajar. Bagi kami yang penting stoknya cukup dan masyarakat tidak kesulitan mendapatkan daging dengan kualitas bagus dan harga yang ramah,” imbuhnya.

Ia juga mengatakan, ketercukupan stok daging di Surabaya selama Ramadan dan Idulfitri ini berkat komunikasi yang baik antara para pedagang daging dan hewan ternak yang berkolaborasi menyediakan pasokan daging.

“Masyarakat sebaiknya jangan panic buying dan beli di saat bersamaan sebab daging yang baik itu bisa disimpan di pendingin. Jadi beli daging seperlunya lalu disimpan di pendingin sehingga tidak perlu memborong terlalu banyak, tapi belilah daging sesuai kebutuhan,” imbaunya.

Fajar menjelaskan jika stok daging di RPH Surabaya sampai hari ini masih relatif cukup baik dan stabil di pekan kedua Ramadan dan diharapkan tetap terjaga sampai dengan lebaran.

“Masih tercukupi karena pemotongan kami tetap stabil perhari sekitar 160 ekor per malam.  Akan terjadi peningkatan menjelang lebaran sekitar 15 sampai 20 ekor,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi kenaikan permintaan, kata Fajar, pihaknya sudah melakukan antisipasi H-5 menjelang lebaran.(man/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Selasa, 28 Mei 2024
30o
Kurs