Jumat, 3 Mei 2024

IHSG Menguat Seiring Peluncuran Bursa Karbon Indonesia

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Layar menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta pada Rabu (26/4/2023). Foto: Antara

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI), menguat seiring dengan peluncuran Bursa Karbon Republik Indonesia pada Selasa (26/9/2023) hari ini.

IHSG dibuka menguat 16,53 poin atau 0,24 persen ke posisi 7.014,91. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 naik 2,86 poin atau 0,30 persen ke posisi 965,47.

“Peluang koreksi wajar masih dapat dimanfaatkan oleh investor untuk melakukan akumulasi pembelian terutama untuk saham saham berfundamental kuat,” sebut Tim Riset Lotus Andalan Sekuritas dilansir Antara.

Pada hari ini akan menjadi momen sejarah dalam penanganan perubahan iklim serta pasar keuangan Indonesia, Bursa Karbon Indonesia akan resmi beroperasi.

Joko Widodo (Jokowi) Presiden dan beberapa pejabat negara rencananya akan resmi membuka perdagangan hari pertama bursa karbon Indonesia pada pukul 09:00 WIB.

Jam perdagangan akan berlangsung dari 09:00 sampai 15:00 WIB tanpa jeda istirahat. Biaya pendaftaran unit karbon ditetapkan sebesar Rp0,00 per ton unit karbon.

Perusahaan yang menjual kredit karbon memiliki segmen usaha Energi Baru Terbarukan (EBT), serta berkontribusi terhadap penyerapan emisi karbon.

Beberapa emiten, di antaranya PT Arkora Hydro Tbk (ARKO), PT Barito Pacific Tbk (BRPT), PT Kencana Energi Lestari Tbk (KEEN), dan PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO). (ant/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs