Kamis, 25 April 2024
Indonesia Bangkit Muda Luar Biasa

Impian Mengenyam Pendidikan Tinggi Membawa Ilham Melanjutkan Master ke Rusia

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilham Putra Adiyaksa, peserta Indonesia Bangkit Muda Luar Biasa (IBMLB). Foto: Dok. pribadi

Mengenyam pendidikan tinggi adalah impian Ilham Putra Adiyaksa, perserta Indonesia Bangkit Muda Luar Biasa (IBMLB).

Selama duduk di bangku SMA, dia berusaha mendapatkan nilai akademik yang cukup baik, sehingga berhasil diterima di Universitas Brawijaya melalui jalur SNMPTN. Ilham menyelesaikan pendidikan strata-1 di Fakultas Teknik Pertanian kurang dari empat tahun dengan predikat sangat memuaskan.

“Selama perkuliahan, saya aktif di berbagai bidang baik secara akademis maupun non-akademis. Hal ini saya lakukan agar saya memiliki track record yang baik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya,” kata Ilham kepada Suara Surabaya.

Ilham saat menjadi Awardee Sakura Exchange Program in Science to Japan, di Miyazaki University, pada tahun 2018. Foto: Dok. pribadi

Pada tahun 2019, Ilham bertekad untuk dapat mengenyam pendidikan yang lebih tinggi lagi karena ketertarikannya pada riset ilmiah. Dia mulai mencari-cari informasi beasiswa. Pilihannya jatuh pada olimpiade Open Doors yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Federasi Rusia.

Segala persiapan dia lakukan cukup panjang dan teliti. Semua berkas dia kumpulkan dengan baik. Di tahap terakhir Ilham mempersiapkan materi dengan cukup matang. Pada Maret 2020 Ilham dinyatakan sebagai salah satu pemenang dan berhak melanjutkan pendidikan master di Environmental Engineering and Water Consumption, Tomsk Polytechnic University, Rusia.

Namun karena masih pandemi Covid-19, Ilham belum bisa berangkat ke Rusia. Hingga saat ini harus menjalani kuliahnya secara daring dari kediamannya di Sidoarjo. Jarak yang sangat jauh antara Indonesia dan Rusia tidak memadamkan semangat Ilham untuk terus belajar.

Awalnya, kata Ilham, memang tidak mudah, tetapi semakin dijalani, semakin terbiasa.

“Satu tahun berlalu, saya sudah banyak belajar Bahasa Rusia. Tidak mudah bagi saya belajar bahasa baru, tetapi dengan kemauan, kerja keras dan konsistensi, saya bisa mengatasinya. Meski sedikit gagap, segala urusan dengan kampus Rusia tetap bisa berjalan dengan baik,” ujarnya,

Sambil menjalani perkuliahan daring, Ilham juga memanfaatkan kesempatan dari kampusnya untuk bisa membawa nama Indonesia ke kancah internasional.

“Di awal tahun, saya beserta dosen saya melakukan riset tentang vitamin C yang ada di dalam buah jeruk, dan juga riset mengenai digitalisasi di Indonesia selama pandemi berlangsung. Kedua riset tersebut saya presentasikan secara daring dalam konferensi internasional di Rusia. Setiap presentasi saya selalu menggunakan batik kebanggaan Indonesia.

Pada Mei 2021, Ilham mendapatkan kesempatan untuk kembali mempresentasikan karya tersebut di acara konferensi internasional lainnya di Rusia.

1st International Conference “Scientific Initiative of International Students and Postgraduates, Russia, April 2021. Foto: Dok. pribadi

“Keterbatasan akan selalu ada, tetapi semangat untuk menjadi yang terbaik akan selalu mendominasi. Saya yakin betul, dengan segala usaha, apa pun yang kita impikan satu per satu dapat diraih. Kemauan, kerja keras, dan konsistensi adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh setiap orang,” kata Ilham.

Dengan semangat itu pula Ilham mendaftarkan diri ke program Indonesia Bangkit Muda Luar Biasa (IBMLB) yang diadakan Suara Surabaya bersama Universitas Surabaya (Ubaya).

“Ketika saya berkuliah di Malang, saya pernah menjadi pengajar di bimbel maupun kampus. Di situ saya melihat bahwa pendidikan masih dipandang menjadi formalitas belaka sehingga banyak yang mengenyam pendidikan tidak optimal. Dengan mengikuti kegiatan Indonesia Bangkit Muda Luar Biasa, saya berharap semakin banyak yang akan bermimpi untuk mengenyam pendidikan tinggi dengan baik. Saya juga berharap, kolaborasi keilmuan nantinya dapat terjadi melalui kegiatan social campaign atau riset ilmiah,” kata Ilham.

Untuk diketahui, sebelumnya terdapat 130 peserta Indonesia Bangkit Muda Luar Biasa yang mendaftar. Ada 99 peserta yang lolos tahap selanjutnya.

Program kolaborasi Suara Surabaya dengan Ubaya ini bisa menginspirasi Kawan Muda di tengah pandemi dengan tujuan membangkitkan semangat kepedulian khususnya kepada Indonesia.

Diharapkan ke depan Program Indonesia Bangkit Muda Luar Biasa bisa menjadi wadah bagi anak muda yang memiliki prestasi, karya yang memberikan pengaruh positif baik pada keluarga, lingkungan, serta masyarakat guna mengembangkan soft skill.

Peserta yang lolos tahap selanjutnya kemudian mengikuti virtual gathering, personal development workshop, tes bakat minat dan konsultasi, serta diakhiri dengan leadership training dan awarding.

Peserta juga memiliki peluang mendapatkan beasiswa hingga 100 persen kuliah di Ubaya baik jenjang S1 maupun S2. Program Indonesia Bangkit Muda Luar Biasa ini persembahan Suara Surabaya Media dan Universitas Surabaya (Ubaya) The First University In Heart And Mind, didukung Dealer Vespasatya PT Satya Mandiri Motors, dan JETE – Best For Your Gadget.(iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs