Rabu, 15 Mei 2024

Hari Ini Seluruh JCH Bergerak ke Arafah

Laporan oleh Eddy Prastyo
Bagikan
Kondisi JCH di tenda Arofah. Foto: Eddy suarasurabaya.net

Sebelum Sabtu (10/9/2016) tengah malam waktu Arab Saudi, seluruh Jemaah Calon Haji (JCH) mulai bergerak ke Padang Arafah. Proses evakuasi dari pemondokan sempat tersendat karena bus yang membawa JCH harus antre keluar masuk Padang Arafah.

Satu kolter JCH terdiri dari delapan sampai 10 bus. Lamanya waktu tempuh dari pemondokan ke lokasi wukuf adalah 20 menit. Ada beberapa JCH yang teripisah dari rombongan.

Tiap maktab terdiri dari 7 sampai 10 kloter. Tiap tenda berukuran 5×6 meter dengan fasilitas permadai dan waterfan. Tiap maktab memiliki satu dapur umum di tenda konsumsi. JCH mendapat jatah konsumsi tiga kali sehari yaitui pada pukul 07.00, 11.00 dan 19.00 waktu Arab Saudi.

Prosesi wukuf baru akan berlangsung besok Minggu (11/9/2016) selepas dzuhur. Setelah itu jemaah akan ke Muzdalifah dan ke Mina untuk melontar jumrah. Setelah Dhuhur, para JCH akan melakukan kontemplasi berupa tafakur, introspeksi diri, berdoa, mengaji dan lainnya.

Berdasarkan pantauan suarasurabaya.net, kondisi cuaca di Padang Arafah panas, suhu udara sekitar 40 derajat celcius lebih dan angin bertiup kencang sehingga pasir masuk ke dalam tenda.(edy/iss/bid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 15 Mei 2024
28o
Kurs