Minggu, 29 Mei 2022

11 Kloter Jemaah Haji Siap Dipulangkan ke Tanah Air

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Barang-barang jemaah haji yang akan dipulangkan ke Tanah Air. Foto: Rudy Hartono Suara Surabaya

Sebanyak 11 kloter jemaah dari berbagai embarkasi siap dipulangkan ke Tanah Air, Rabu (6/9/2017) dan Kamis (7/9/2017).

Rudy Hartono tim dari dari Suara Surabaya dari Makkah melaporkan 11 kloter tersebut terdiri dari, 3 kloter embarkasi Jakarta (JKS), 34 kloter embarkasi Solo (SOC) dan masing-masing satu kloter dari embarkasi Medan (MDN), Makassar (UPG), Padang (PDG) dan Balikpapan (BPN).

Persiapan pemulangan gelombang pertama ini dimulai sejak Senin (4/9/2017) dengan diawali pengumpulan tas koper di masing-masing maktab. Setelah itu koper-koper ini akan ditimbang di sektor masing-masing. Seperti halnya saat pemberangkatan, berat koper maksimal yang diizinkan adalah 32 kg, dan tas tentengan maksimal 7 kilogram.

Petugas kloter dan petugas sektor tidak dapat memeriksa isi koper masing-masing jamaah. Mereka hanya mengimbau agar tidak memasukkan barang-barang bawaan yang dilarang masuk koper, antara lain air zamzam, dan parfum seberat 100 ml maksimal 10 buah.

Namun imbauan ini masih banyak yang mengabaikan. Terbukti, lebih dari 50 persen koper jemaah haji dari pemberangkatan pertama ini yang masih kedapatan memasukkan air zam zam ke dalam koper. Hal ini yang menyebabkan proses pemeriksaan X-ray menjadi terhambat.

Apabila kedapatan membawa air zam zam, maka koper akan dibongkar dan risiko barang tercecer atau hilang menjadi lebih tinggi. Panitia haji tidak akan menanggung kerugian apapun atas hilangnya barang-barang jemaah ini.

Jemaah haji nantinya akan tetap mendapatkan pembagian air zam zam sebanyak 5 liter sesampainya di asrama haji masing-masing.(rud/iss/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Minggu, 29 Mei 2022
27o
Kurs