Minggu, 19 Mei 2024

Polrestabes Surabaya Terjunkan 55 Personel untuk Pengamanan Ibadah Haji

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
AKBP Bambang Sukmo Wibowo Kabag Ops Polrestabes Surabaya saat melakukan pengarahan di Asrama Haji Surabaya, Minggu (15/7/2018). Foto: Anggi suarasurabaya.net

Polrestabes Surabaya menerjunkan 55 personel untuk melakukan pengamanan bagi calon jamaah haji di Embarkasi Surabaya. Puluhan personel itu terdiri dari 25 anggota dari Polrestabes Surabaya, 15 anggota polsek, dan 15 anggota dari Polda Jatim.

AKBP Bambang Sukmo Wibowo Kabag Ops Polrestabes Surabaya mengatakan sistem pengamanan akan dibagi menjadi 3 ring. Pada ring 3, pengamanan dilakukan di bagian jalan raya hingga pengawalan kedatangan calon jamaah haji. Untuk ring 2, lanjut dia, pengamanan dilakukan di area dalam asrama haji hingga ke tempat parkir bus.

“Nanti flow-nya adalah jamaah masuk kesini. Sebelum masuk ke asrama, akan dilakukan screening terlebih dahulu. Itu juga berlaku untuk pemberangkatan ke Juanda, tinggal dibalik saja,” kata Bambang di Asrama Haji Surabaya, Minggu (15/7/2018).

Sementara pada ring 1, lanjutnya, pengamanan diposisikan tepat di Hall Bir Ali sebagai tempat pengecekan terakhir berupa kelengkapan administrasi. Petugas imigrasi juga akan melakukan pemeriksaan barang bawaan para calon jamaah haji.

Bambang juga mengimbau kepada seluruh pengantar calon jamaah haji, untuk tidak ikut masuk ke dalam area asrama. Itu dilakukan, agar tidak menganggu standarisasi keamanan maupun kesehatan yang telah disiapkan oleh pihak panitia. Termasuk, lokasi parkir yang juga sudah disiapkan untuk menampung kendaraan bus para pengantar.

“Percayakan semua ke panitia. Bahwa standarisasi keamanan dari polisi, maupun standarisasi kesehatan sudah disiapkan oleh panitia. Setiap kegiatan, kami akan mendampingi. Sudah ada tim yang ditunjuk. Lokasi parkir untuk bus sudah disiapkan, kerja sama dengan Galaxy. Tapi hanya untuk mengantar saja. Untuk itu, dimohon para pengantar tidak usah ikut masuk ke asrama. Cukup mengantar sampai di depan saja, demi keamanan dan kenyamanan kegiatan ini,” jelasnya.

Pengamanan tersebut akan dilakukan mulai hari ini, 15 Juli-24 Agustus 2018. Bambang mengungkapkan jumlah kloter embarkasi Surabaya yaitu sebanyak 83 kloter dengan total jamaah haji sebanyak 37.055 jamaah. Jumlah tersebut terdiri dari 35.270 jamaah Jatim, 700 jamaah Bali, dan 670 jamaah NTT.

“Jamaah datang ke asrama mulai besok. Untuk pengamanan dari kami, dilakukan hari ini sampai dengan 24 Agustus 2018. Sementara untuk jadwal pemulangannya, yaitu tanggal 28 Agustus-26 September,” pungkasnya. (ang/tin)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
28o
Kurs