Sabtu, 27 April 2024

Siswa SMP Kristen Petra 3 Surabaya Belajar Broadcasting dan Literasi Media di Suara Surabaya

Laporan oleh M. Hamim Arifin
Bagikan
Aprileo Habie penyiar radio Suara Surabaya bersama siswa dan guru SMP Kristen Petra 3 berfoto bersama setelah melakukan On-Air di ruang radio Suara Surabaya, Selasa (12/12/2023). Foto: Feby Magang suarasurabaya.net Aprileo Habie penyiar radio Suara Surabaya bersama siswa dan guru SMP Kristen Petra 3 berfoto bersama setelah melakukan On-Air di ruang radio Suara Surabaya, Selasa (12/12/2023). Foto: Feby Magang suarasurabaya.net

Sebanyak tujuh belas siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kristen Petra 3 Surabaya melakukan kunjungan media ke Suara Surabaya (SS) Media pada Selasa (12/12/2023).

Tujuan kunjungan belasan siswa yang tergabung dari kelas VII, VIII, dan IX itu untuk memperdalam pengetahuan di dunia broadcasting dan literasi media. Terpilihnya SS karena dinilai merupakan media audio visual yang dipercaya oleh masyarakat Surabaya.

“Buat saya sampai saat ini SS itu satu-satuya media berbentuk audio visual yang memuat berita-berita terpercaya. Jadi saya ingin membawa anak-anak menggali informasi, mencari sumber-sumber informasi dari sumber yang benar, sumber yang dapat dipercaya,” jelas Siska Setiyorini guru ekstrakulikuler Jurnalistik SMP Kristen Petra 3.

Siska ingin siswanya yang hadir pada kunjungan hari ini dapat memahami bagaimana cara mengelola informasi menjadi sebuah berita yang benar. Mengingat mereka merupakan anggota komunitas jurnalistik dan penyiar radio yang mengelola media sekolah.

“Supaya orang yang menerima di luar sana jadi percaya sama kita dan berita yang kita sampaikan. Nah, kan mereka harus belajar tulis menulis, menulis artikel bagaimana, dan mereka layout sendiri,” harapnya.

(Kiri ke kanan) Goldene siswa kelas IX dan Siska guru ekstrakulikuler Jurnalistik SMP Kristen Petra 3 Surabaya berkesempatan melakukan siaran On-Air di radio Suara Surabaya, Selasa (12/12/2023). Foto: Inayah Magang suarasurabaya.net
(Kiri ke kanan) Goldene siswa kelas IX dan Siska guru ekstrakulikuler Jurnalistik SMP Kristen Petra 3 Surabaya melakukan siaran on air di Radio Suara Surabaya, Selasa (12/12/2023). Foto: Inayah/magang suarasurabaya.net

Di sisi lain, Agustinus Goldene Sutrisno salah satu siswa SMP Kristen Petra 3 menyampaikan kesannya selama berkunjung ke Suara Surabaya. Goldene merasa mendapat banyak pengetahuan baru dalam kunjungan media pertamanya ini.

“Seru banget. Saya kira ruangan siaran Suara Surabaya tempatnya tidak sebesar ini. Sama Pak Hendra (penyiar Radio SS-red) saya diajarin banyak hal tentang Suara Surabaya itu gimana sih,” ujarnya antusias.

Selain itu, Goldene menyadari bahwa menjadi penyiar tidaklah mudah. Ia menyebut ruang siaran radio menjadi spot favoritnya di Suara Surabaya.

“Siaran itu sebenarnya tidak bosan-bosan juga, tidak cuma ngomong saja. Jadi saya bisa tahu siaran itu tidak bisa dianggap remeh kerjaannya,” tuturnya.

Siswa yang mengikuti ekstrakulikuler Jurnalistik di sekolahnya ini juga merasa bangga dapat berkesempatan melakukan siaran (on air) di Radio Suara Surabaya. Ia juga tertarik mendalami dunia jurnalis.

“Pengalaman pertama siarannya gak main-main, Radio Suara Surabaya, kota sendiri. Wow keren sih,” ungkap siswa kelas IX itu. (feb/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs