Jumat, 1 Maret 2024

Berkunjung ke Suara Surabaya Media, SMP-SMA Khadijah Belajar Jurnalistik dan Public Speaking

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Sejumlah siswa dari SMP dan SMA Khadijah Surabaya bersama Ananda Maharani penyiar Radio Suara Surabaya pada Sabtu (3/2/2024). Foto: Azwa magang suarasurabaya.net Sejumlah siswa dari SMP dan SMA Khadijah Surabaya bersama Ananda Maharani penyiar Radio Suara Surabaya pada Sabtu (3/2/2024). Foto: Azwa magang suarasurabaya.net

Sebanyak 30 siswa dari SMP Khadijah A. Yani, SMP Khadijah 2, dan SMA Khadijah Surabaya berkunjung ke kantor Suara Surabaya (SS) Media di Jalan Raya Bukit Darmo nomor 22-24, Surabaya pada Sabtu (3/2/2024).

Fahmi Wildan guru SMA Khadijah Surabaya mengatakan bahwa, kunjungannya kali ini yang ketiga ke Suara Surabaya Media. Tujuannya mendukung salah satu program Yayasan Khadijah, yakni Penyiar Cilik (PeCi). Itu adalah wadah untuk mengembangkan kemampuan public speaking dan jurnalistik.

“Kami mencoba mendekatkan mereka dengan media di mana nanti mereka bisa memberitakan pemberitaan yang benar. Jangan sampai mereka mudah dimasuki oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,” kata Wildan kepada suarasurabaya.net.

Fahmi menambahkan, melalui kunjungan ini juga sebagai langkah awal untuk mempersiapkan generasi baru Khadijah atau “Khadijah New Generation” pada abad kedua, terutamanya di bidang media.

“Sebab saat ini teman teman sudah mengenal digitalisasi. Dunia internet sudah masuk. Maka terbentuklah PeCi. Tadi dan teman-teman hadir untuk mengisi wadah itu,” tambahnya.

Perwakilan guru dan siswa daro SMP dan SMA Khadijah Surabaya berkesempatan mengudara di Radio Suara Surabaya pada Sabtu (3/2/2024). Foto: Azwa magang suarasurabaya.net
Perwakilan guru dan siswa daro SMP dan SMA Khadijah Surabaya berkesempatan mengudara di Radio Suara Surabaya pada Sabtu (3/2/2024). Foto: Azwa magang suarasurabaya.net

Dalam kesempatan itu, Mavira salah satu siswi mengaku senang dan sangat excited (bersemangat) lantaran berkesempatan masuk ke studio Radio Suara Surabaya. Dia mengaku hanya mendengarkannya di mobil bersama keluarga.

“Awalnya saya itu penasaran banget bagaimana caranya penyiar radio itu bekerja. Tapi setelah melihat langsung di sini, kaget banget. Apalagi melihat penyiarnya yang langsung pegang mic, langsung ngomong, dan bercerita. Wah, ternyata sesiap itu ya,” katanya terkesima.

Dalam kunjungan ini siswa-siswi juga diberikan materi seputar jurnalistik oleh Iping Supingah Redaktur New Media Suara Surabaya. Mereka terlihat mengikuti dengan sangat antusias. Terlihat dari pelbagai macam pertanyaan yang diajukan, bahkan hingga praktik langsung.

Mereka juga diajak berkeliling ke ruang gatekeeper dan ruang siaran Radio Suara Surabaya. Perwakilan guru dan siswa Khadijah juha diberi kesempatan untuk on air dengan Ananda Maharani penyiar Radio Suara Surabaya. (azw/saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Jumat, 1 Maret 2024
27o
Kurs