Selasa, 25 Juni 2024
SS Ulang Tahun Forty One for Everyone

HUT ke-41, Suara Surabaya Siap Hadapi Tantangan di Dunia Media

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Verry Firmansyah CEO saat memberikan pencerahan dalam acara bertajuk "Visioning" kepada kru Suara Surabaya Media di ruang Komunal Gedung Suara Surabaya Centre, Rabu (5/6/2024). Foto: Akbar magang suarasurabaya.net

Tepat pada 11 Juni 2024 Radio Suara Surabaya berulang tahun ke-41. Mengusung tema “Forty One for Everyone”, Suara Surabaya Media siap menyambut tantangan di kemudian hari.

Verry Firmansyah CEO Suara Surabaya Media menjelaskan, tantangan yang dihadapi di dunia radio begitu berat. Apalagi industri media sedang tidak baik-baik saja dewasa ini.

“Tapi tentunya kita dari Suara Surabaya Media harus tetap optimistis menghadapi tantangan pada 2024 dan ke depan,” terang Verry.

Apalagi, khusus untuk radio, pemerintah telah menetapkan kebijakan tentang penghentian siaran analog atau Analog Switch Off (ASO) yang konon berlaku mulai 2027.

Menurut Verry, Suara Surabaya Media telah memasang kuda-kuda untuk menghadapi segala perubahan serta tantangan di dunia media ke depan.

“Dengan adanya rencana dari pemerintah untuk ASO pada 2027, juga harus dipikirkan bagaimana mengantisipasi Analog Switch Off itu. Artinya, pada era digital ini, kita harus memaksimalkan bagaimana radio analog switching ke digital itu akan seperti apa,” jabarnya.

Keluarga besar Suara Surabaya Media dalam Visioning menyambut ulang tahun ke-41, Rabu (5/6/2024). Foto: Grafis suarasurabaya.net

Oleh sebab itu, bagi Suara Surabaya Media, konsentrasi ke dunia digital akan semakin digencarkan. Segala lini digital akan dipoles dan ditingkatkan kualitasnya untuk memanjakan pendengar dan pemirsa.

“Era digital itu tinggal masalah waktu. Bagaimana mengimplementasikannya, itu yang harus disamakan frame-nya dulu. Kami pikirkan bersama bagaimana saat switching ke digital, bagaimana pemanfaatan teknologi yang ada, yang akhirnya nanti kami pikirkan juga bagaimana cara memonetasinya. Frame itu harus sama,” jabar Verry.

Selain memasifkan sektor digital, Suara Surabaya Media juga menciptakan unit-unit atau event baru. Mulai dari Musicomm hingga Suara Surabaya Academy (SSA).

“Ini bagian dari bagaimana Suara Surabaya Media sebagai brand dan dengan kekuatannya, bisa membuat unit usaha baru. Tujuannya bagaimana media tetap ada. Tapi apa yang menjadi ekspert dari Suara Surabaya Media bisa menjadi dan membantu kebutuhan dari masyarakat Jawa Timur dan masyarakat Surabaya,” jelasnya.

Khusus pada Selasa (11/6/2024) nanti, Verry mengumumkan bahwa Suara Surabaya Media akan mengadakan open house untuk merayakan hari jadi ke-41.

“Para pendengar SS mau hadir, silahkan untuk bertemu para penyiar dan kru SS. Biar bagaimanapun kita harus dekat dengan pendengar, kita harus dekat dengan klien. Sebab itu satu-kesatuan yang tidak bisa dilepaskan,” sebutnya.

Dalam rangka bulan ulang tahun Suara Surabaya, selama Juni 2024 ini rangkaian kegiatan digelar. Diawali pada 1 Juni SS kolaborasi dengan UPN Veteran Jawa Timur menggelar Festival Warung Seni.

Pada 3-4 Juni menggelar bakti sosial. Para penyiar dan kru SS Media akan berbagi kebahagiaan kepada sejumlah pendengar Radio Suara Surabaya.

Pada 10 Juni akan digelar Khataman Al-Quran dan Doa Bersama internal kru SS Media. Selain itu di hari yang sama ini ada kolaborasi SS dengan Grab menggelar Forum Diskusi Mitra for Woman Surabaya.

Puncaknya pada 11 Juni digelar Open House di Gedung Suara Surabaya Centre Jl. Raya Bukit Darmo no. 22-24 Surabaya.

Pada 15 Juni digelar Donor Darah.

Dilanjutkan 24 Juni kolaborasi SS dengan Lazisnu menggelar Khitanan Massal.

Pada 27 Juni menggelar Wawasan Non Air: Berantas Gangguan Kamtibmum.

29 Juni menggelar Musiccom & Jazz Traffic On The Move. Selain itu juga menggelar Lari Bareng Suroboyo Mlayu Banter.

31 Mei hingga 2 Juli digelar pameran di SSC, Paket Haji dan Umroh dari Shafira Tour and Travel. (saf/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 25 Juni 2024
26o
Kurs