Senin, 20 Mei 2024

Beberapa Jurusan Ini Diyakini Memiliki Masa Depan Cerah

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Menentukan jurusan dalam studi di perguruan tinggi memang termasuk keputusan besar. Apalagi, jurusan akan berpengaruh bagi perjalanan karier dan masa depan seseorang. Jadi, bagaimana caranya memilih jurusan yang tepat?

Tentu tak mudah menjawabnya. Yang pasti, tahun 2015 ini, perdagangan bebas tingkat Asia Tenggara atau ASEAN Free Trade Area (AFTA) akan segera berjalan. Negara di kawasan ASEAN sebentar lagi serasa tak bersekat.

Karenanya, memilih jurusan tentunya harus juga mempertimbangkan hal ini. Dan berikut beberapa jurusan yang minimal akan sangat dibutuhkan dalam menghadapi era perdagangan bebas itu:

1. Desain
Desain bukan berarti soal gambar-menggambar, tapi yang jauh lebih menjanjikan adalah desain produk atau desain industri. Ke depan akan lebih banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga ahli di bidang ini. Misalnya saja untuk desain mobil, pakaian, makanan, dan sebagainya.

2. Teknik
Selama ini, teknik dinilai merupakan jurusan yang akan menjadikan kita hanya sebagai karyawan, bukan boss. Tapi jurusan ini dipastikan masih akan banyak dibutuhkan untuk menghadapi pesaingan bebas.

3. ICT (Information Communication and Techology)
Jurusan ini akan membahas soal hardware seperti gadget-gadget dan jaringan telekomunikasi. Selain ilmu hardware, ilmu software pun akan dipelajari di jurusan ini. Pengembangan pun mengikuti pangsa pasar, dan saat ini pangsa game terutama game online sangat membutuhkan jurusan ini. Nah bagi penggemar game baik online atau tidak sebaiknya ambil jurusan ini.

4. Bahasa dan Komunikasi
Jurusan ini masih menjanjikan di masa depan karena akan terjalin komunikasi dan hubungan internasional dalam perdagangan bebas yang semakin terbuka, maka Indonesia akan membutuhkan ahli-ahli di bidang komunikasi, terutama bahasa asing.

5. Planologi
Planologi atau perencanaan wilayah dan kota adalah suatu program studi yang mempelajari tentang cara merencanakan suatu wilayah dan kota. Semakin lama, sebagian besar orang akan hidup di daerah perkotaan, perencanaan kota yang baik mutlak dibutuhkan dan jurusan ini memegang peranan penting untuk memberikan nasihat untuk pengembang usaha dalam skala makro.

6. Kesehatan dan Pendidikan
Kesehatan adalah segalanya bagi kehidupan manusia. Karenanya, jangan heran jika fakultas-fakultas kedokteran saat ini semakin menjamur di Indonesia. Sedangkan dari segi pendidikan, profesi seperti guru atau dosen ke depan memang masih sangat menjanjikan.

7. Jurusan bisnis atau entrepreneurship
Jurusan ini dipercaya semakin berkembang seiring tumbuhnya minat kewirausahaan. Bagi anda yang tak memiliki jiwa bisnis, jurusan ini diyakini mampu memompa jiwa anda hingga memiliki keahlian dalam berbisnis dan berwirausaha. (fik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
29o
Kurs