Jumat, 3 Mei 2024

10 Buaya Lepas dari Penangkaran, Warga Junrejo Resah

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Warga memperlihatkan dua ekor buaya tangkapan sore tadi. (Foto : istimewa)

Selama 4 hari terakhir, warga Desa Jeding Kecamatan Junrejo, Kota Batu diresahkan dengan lepasnya 10 ekor buaya diduga dari Predator Fun Park. Informasi lepasnya 10 ekor buaya dari penangkarannya itu diperoleh warga dari penjaga Predator Fun Park. Herianto mantan kepala sekolah di Batu yang ikut mencari buaya yang lepas itu pada suarasurabaya.net mengatakan begitu informasi didapatkan, warga sontak resah.

Herianto mengatakan, warga langsung melakukan perburuan karena khawatir buaya akan melukai warga sekitar. Perburuan itu berhasil. Sehari setelah diketahui lepas, empat ekor buaya berhasil ditemukan warga. “Paling kecil panjangnya 1 meter, paling besar panjangnya 2 meter,” kata lelaki yang juga Ketua LSM Lembaga Kajian Kebijakan Publik ini.

Empat ekor buaya itu kemudian diserahkan ke Predator Fun Park. “Ditebus oleh manajemennya. Satu ekor sekitar Rp500 ribu sampai Rp700 ribu,” kata Herianto.

Sejak itu pula, para lelaki di Desa Jeding tidak bisa tidur. Mereka bergantian jaga, berburu buaya siang dan malam. Perburuan Kamis (24/7/2015) sekitar pukul 16.00 WIB menemukan 2 ekor buaya lagi. Lokasinya ditemukan buaya itu sekitar 300 meter dari Predator Fun Park.

Berat dua buaya itu masing-masing sekitar 7 sampai 8 kilogram. Yang paling besar panjangnya 95 cm dengan lingkar perut sekitar 35 cm.

Warga sekarang masih resah karena empat ekor buaya masih berkeliaran. Informasi yang didapat warga, empat buaya yang masih berkeliaran itu paling kecil panjangnya 1 meter dan yang paling besar sekitar 3 meter.

“Yang membuat warga takut, buaya itu bisa saja lepas ke Sungai Sumber Dandang yang jaraknya tidak jauh dari Predator Fun Park,” kata dia. Sungai selebar 6 meter itu digunakan warga sekitar untuk kebutuhan sehari-hari. Tidak jarang ada anak-anak yang mandi dan berenang di sungai itu.

Hingga berita ini ditampilkan, masih belum didapatkan konfirmasi dari manajemen Predator Fun Park. Kata Herianto, warga juga sudah berupaya berkomunikasi, tapi gagal. Penemuan dua ekor buaya oleh warga sore tadi menurut Herianto tidak diakui oleh Predator Fun Park. (edy)

Teks Foto :
-Dua ekor buaya yang sore tadi berhasil ditangkap warga.
Foto : istimewa

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
25o
Kurs