Minggu, 5 Mei 2024

China Eksportir Senjata Terbesar Ketiga di Dunia

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

China menjadi negara eksportir senjata terbesar ketiga setelah AS dan Rusia, menurut sebuah laporan terbaru.

Seperti dilansirbbc, China mengambil alih Jerman, Prancis dan Inggris dalam mengekspor senjata antara 2010 dan 2014 seperti dijelaskan oleh Institut Riset Perdamaian Internasional Stockholm (SIPRI).

Jumlah senjata buatan China menguasai 5% pasar ekspor dunia. Tiga negara Asia, Pakistan, Bangladesh dan Myanmar menguasai lebih dari dua pertiga pasar ekspor senjata.

Negara ekonomi terbesar kedua di dunia ini juga memiliki klien yang berasal dari 18 negara Afrika selama periode lima tahun, menurut study tersebut, yang mengatakan data tersebut merefleksikan volume pengiriman senjata dan bukan nilai-nilai finansial dari kesepakatan.

Ekspor China dari senjata berat meningkat 143 persen pada 2014 dari lima tahun sebelumnya.

Sementara itu, ekspor senjata Jerman anjlok sampai 43 persen sementara Prancis turun 27 persen dalam waktu yang sama.

Di seluruh dunia, jumlah pengiriman senjata meningkat sampai 16 persen. Meski China meningkat di urutan kedua secara global, masih ada kesenjangan antara volume jumlah ekspor dari dua negara terbesar pengekspor senjata yaitu AS dan Rusia.

AS menguasai 31 persen ekspor senjata dunia, sementara Rusia 27 persen. Ekspor dari dua negara tersebut meningkat 23 persen dan 37 persen berturut-turut dalam waktu lima tahun.

SIPRI membandingkan penjualan senjata selama periode lima tahun karena penjualan senjata mengalami fluktuasi yang cukup tajam dari tahun ke tahun. (bbc/dwi/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
29o
Kurs