Sabtu, 27 April 2024

Kesejahteraan Satwa Tetap Jadi Prioritas

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kesejahteraan satwa jadi prioritas pengelolaan KBS. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Tidak hanya pada cuaca ekstrem, seperti saat ini, pada situasi maupun kondisi yang berbeda sekalipun, kesejahteraan dan kesehatan satwa adalah prioritas utama pengelola PDTS – KBS.

“Kesejahteraan dan kesehatan satwa adalah tanggung jawab kami semua . kesejahteraan dan kesehatan satwa KBS adalah prioritas utama kami dalam pengelolaan sehari-hari. Karena memang satu di antara fungsi kebun binatang adalah memberikan kesejahteraan pada satwa,” terang Aschta Nita Boestani Tajudin Direktur Operasional dan Umum PDTS – KBS.

Ditambahkan Sita, kesejahteran satwa ketika dipindahkan dari habitat aslinya ke dalam sangkar-sangkar peraga sepenuhnya adalah tanggung jawab dari pengelola atau siapapun yang telah memindahkan dari habitat aslinya.

“Di lingkungan aslinya, atau dihabitatnya, satwa dapat mencari sendiri kesejahteraan buat dirinya. Tetapi ketika kemudian oleh manusia dipindahkan kedalam sangkar-sangkar maka sepenuhnya kesehatan dan kesejahteraan satwa bergantung pada manusia,” tegas Sita.

Demikian juga dengan koleksi satwa di Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS), seluruhnya adalah tanggung jawab pengelola dalam hal ini kesejahteraan dan kesehatannya. Termasuk juga pemberian kandang atau sangkar peraga.

“Tidak hanya pada cuaca ekstrem atau ada perubahan lainnya, diinternal maupun eksternal KBS, kesehatan dan kesejahteraan satwa sepenuh-penuhnya adalah prioritas pengelolaan KBS. Ini yang harus dipahami bersama,” pungkas Sita sapaan Aschta Nita Boestani Tajudin Direktur Operasional dan Umum PDTS –KBS, saat berbincang dengan suarasurabaya.net, Selasa (3/2/2015).(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs