Rabu, 1 Mei 2024

Komikus Prancis Bocorkan Rahasia Sukses buat Komikus Surabaya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Satu di antara karya Simon Hureau yang terkenal didunia. Foto: IFI Surabaya for suarasurabaya.net

Pada Selasa (3/11/2015) besok, Simon Hureau komikus Prancis dijadwalkan berbagi rahasia sukses dengan komikus Kota Surabaya.

Simon Hureau komikus Prancis berkunjung ke Indonesia, dan menyempatkan diri hadir di Kota Surabaya sebelum melanjutkan perjalanan menuju Bali

Simon Hureau telah merilis sejumlah album komik. Mengambil jurusan Ilustrasi di École supérieure des arts décoratifs Strasbourg, Simon memenangkan penghargaan ke-2 sebagai Komikus Muda Terbaik pada Festival Komik Internasional Angoulême tahun 2001.

Simon Hureau menerbitkan komik-komik pertamanya saat masih duduk sebagai mahasiswa Arts Déco di Strasbourg. Kemudian, Simon mulai membuat berbagai cerita tentang catatan-catatan perjalanan, beberapa kisah roman punk, buku anak-anak yang kocak, sketsa, serta ukiran.

Simon Hureau pernah ke Indonesia tahun 2011, mengunjungi beberapa kota termasuk Surabaya, untuk mengikuti festival komik Cergamboree di CCCL (nama lama IFI Surabaya). Bersama 3 teman komikus Prancis yang juga pernah ke Surabaya, Simon baru saja merilis album komik tentang perjalanan mereka di Indonesia, Kompilasi Komikus.

Selama berada di Surabaya, Simon Hureau dijadwalkan mengisi acara di SMKN 12, di Institut Teknologi Sepuluh Nopember pada Selasa (3/11/2015) siang, dan pada sore hari selanjutnya menggelar diskusi di Auditorium IFI Surabaya.

Pada kunjungannya ke ITS, IFI Surabaya bekerjasama dengan Jurusan Desain Produk ITS, Simon Hureau dijadwalkan berbagi pengetahuan dengan mahasiswa kelas ilustrasi Desain Komunikasi Visual.

“Dan pada sore harinya, Simon Hureau di auditorium IFI Surabaya menggelar Sharing Session Komik. Acara ini terbuka untuk siapa saja. pecinta komik, pegiat, maupun seniman komik, serta para komikus di Kota Surabaya. Silahkan hadir,” terang Khrisna Pramendha atase Prees IFI Surabaya saat ditemui suarasurabaya.net, Senin (2/11/2015).

Selepas mengisi workshop keliling Jawa-Bali yang diselenggarakan oleh IFI pada 2011, Simon Hureau bersama 3 komikus lain membuat catatan perjalanan komik tentang Indonesia, Kompilasi Komikus, yang diterbitkan oleh La Boîte à Bulles. Tahun ini, Simon kembali ke Indonesia untuk memenuhi undangan Ubud Writers & Readers Festival dan IFI.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
28o
Kurs