Minggu, 19 Mei 2024

Jalur Rel Sidoarjo-Bangil Lumpuh, PT KAI Siapkan 10 Armada Bus

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Petugas PT KAI Daops 8 terpaksa harus berendam di kebanjiran jalur rel perlintasan Kereta Api. Karena untuk melakukan pengukuran ketinggian air dari kepala rel Kereta Api. Foto: dok/Bruriy suarasurabaya.net

PT KAI Daop 8 Surabaya telah menyiapkan 10 buah armada bus untuk mendukung kelancaran arus penumpang.

“Upaya ini dilakukan karena banjir yang menggenangi rel KA Porong menyebabkan jalur rel lintas Sidoarjo-Bangil lumpuh total,” Suprapto Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya pada Radio Suara Surabaya.

Kata Suprapto, ada perjalanan kereta api yang sebagian rutenya dibatalka yakni KA Penataran untuk rute Surabaya-Sidoarjo (KA Penataran hanya berjalan dari Bangil-Blitar). Dan KA Probowangi untuk rute Surabaya-Sidoarjo (jd KA Probowangi hanya berjalan dari Bangil-Banyuwangi).

Selain itu perjalanan kereta api yang penumpangnya dilanjutkan dengan gabungan perjalanan armada bus diantaranya :
A. KA Mutiara Timur (relasi Surabaya-Banyuwangi). Dari Surabaya-Bangil/begitupun sebaliknya mengunakan bus lalu dari Bangil-Banyuwangi menggunakan kereta api.
B. KA Bima (relasi Malang-Surabaya-Jakarta). Dari Malang ke Surabaya/begitupun sebaliknya mengunakan bus lalu dari Surabaya ke Jakarta mengunakan kereta api.
C. KA Jayabaya (relasi Malang-Surabaya-Jakarta). Dari Malang ke Surabaya/begitupun sebaliknya mengunakan bus lalu dari Surabaya ke Jakarta mengunakan kereta api.

Sementara itu, perjalanan kereta api seperti KA Logawa (Jember-Purwokerto/Jawa Tengah) dan KA Sritanjung (Banyuwangi-Leumpuyangan/Jawa Tengah) dari Jember tidak menuju ke Surabaya tapi langsung dari Jember-Bangil berbelok ke Malang-Kertosono-Jawa Tengah/begitupun sebaliknya.

“Selanjutnya di lokasi, pihak PT KAI Daop 8 telah menyiapkan 6 gerbong kricak guna memperkuat jalur rel yg terendam sepanjang 700 meter antara Tangulangin-Porong. Serta telah menyiapkan 100 personel dan 2 mesin pemelihara rel (MTT dan PBR). Semua masih menunggu untuk ketinggian air agar menurun dulu agar bisa maksimal dalam perbaikan jalur rel tersebut,” ujar dia. (dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
28o
Kurs