Kamis, 25 April 2024

One Day One Juz Untuk Mengubah Akhlak dan Mencegah Kejahatan

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Hidayat Nur Wahid (HNW) Wakil Ketua MPR RI berbincang dengan delegasi komunitas ODOJ di Ruang Kerja Wakil Ketua MPR RI. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Hidayat Nur Wahid (HNW) Wakil Ketua MPR RI sangat miris dengan berbagai kejadian negatif yang terus saja terjadi seperti kejahatan seksual yang menimpa seorang siswi di Bengkulu sampai tewas, lalu kejahatan perampokan yang menyebabkan meninggal dunia mahasiswi UGM di Yogyakarta dan masih banyak lagi.

Semua kejahatan tersebut korban dan pelaku sama-sama anak muda yang masih sangat jauh masa depannya. Sangat merusak sekali, sang korban meninggal dunia dan para pelaku semuanya di jebloskan ke penjara. Semua itu ujung pangkalnya adalah minuman keras, narkoba dan tontonan tidak senonoh.

Semua hal negatif tersebut harus disudahi saat ini juga. Untuk itu perlu peran serta semua masyarakat di samping ada peran aktif pemerintah. Banyak elemen masyarakat yang berperan dalam melakukan pendidikan akhlak, moral dan karakter kepada rakyat Indonesis khususnya anak muda salah satunya adalah Komunitas One Day One Juz (ODOJ).

Hal tersebut terungkap saat HNW bertemu dan berbincang dengan delegasi komunitas ODOJ yang dipimpin Ricky Adrinaldi sebagai Ketua Umum, di Ruang Kerja Wakil Ketua MPR RI, Senin (9/5 /2016).

“Kegiatan dan program ODOJ sangat baik. Komunitas ini menyebarkan hal positif agar umat Islam lebih dekat kepada kitab sucinya Alquran, sebab Alquran berisi nilai-nilai kebaikan yang universal. Alquran tidak mengajarkan kejahatan, radikalisme atau terorisme. Alquran tidak membawa masyarakat berorientasi negatif. Alquran menghadirkan rahmat buat semua,” ujar dia.

Komunitas seperti ODOJ, kata Hidayat, harus mendapat dukungan penuh dan pantas diberi ruang seluas-luasnya dan jangan dicurigai. Sebab, jika kegiatan dan komunitas sebaik ini dicurigai, maka kejahatan dan kegiatan negatif akan makin banyak muncul.

Tidak hanya ODOJ saja, Hidayat melihat banyak sekali elemen masyarakat yang membuat kegiatan bagus seperti PKB yang memunculkan kegiatan Nusantara Mengaji, lalu Ustadz Yusuf Mansur yang membuat pesantren Alquran dan masih banyak lagi.

“Alhamdullilah sekarang banyak kegiatan yang mampu memperbaiki akhlak. Kita harus serius, kejahatan narkoba sangat merusak mental, akhlak dan moral anak muda kita. Mereka harus diselamatkan. Saya sangat mendukung kegiatan-kegiatan positif untuk menjauhkan generasi muda dari kejahatan,” kata Hidayat.

Ricky Ketua Umum Komunitas ODOJ sangat mengapresiasi dukungan Wakil Ketua MPR RI dalam kegiatan dan program ODOJ.

“Komunitas dan program ini sudah berjalan selama tiga tahun. Program ini memiliki tujuan yang sangat baik agar umat Islam lebih emncintai dan gemar membaca Alquran dimana saja berada ditempat-tempat yang baik. Baik membaca Alquran dengan mushaf atau melalui smartphone,” kata dia.

Kepada Hidayat Nur Wahid, Ricky menyampaikan bahwa komunitas ODOJ akan menyelenggarakan Olimpiade Pecinta Alquran. Kegiatan ini tidak hanya bersifat nasional tapi juga internasional. Agar syiar Islam dan kegiatan ODOJ tersiar luas, rencananya acara akan diselenggarakan di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs