Jumat, 3 Mei 2024

Respon Keluhan Presiden, Menkeu Akan Sederhanakan LPJ

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Sri Mulyani Menteri Keuangan saat menggelar konferensi pers terkait keluhan Presiden Jokowi tentang LPJ. Foto: Jose suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden menyampaikan keluhan pada Menteri Keuangan saat rakernas akuntansi, Selasa (20/9/2016) sehubungan dengan banyaknya waktu aparatur negara yang tersita untuk mengurus laporan pertanggungjawaban (LPJ). Oleh karena itu Presiden meminta pada Menteri Keuangan untuk membuat formulasi yang lebih sederhana.

Menyikapi keluhan Presiden tersebut, Sri Mulyani Menteri Keuangan langsung mengadakan jumpa pers dan menyatakan akan merespon keluhan Presiden itu dengan menyederhanakan beberapa persyaratan tentang LPJ.

Sehingga waktu yang dipergunakan untuk mengurus LPJ tidak terlalu panjang dan bisa mempergunakan waktu yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Saya sudah minta Dirjen Perbendaharaan untuk melakukan perbaikan peraturan Menteri Keuangan sehingga penyederhanaan itu terjadi. Kami mendapatkan feedback juga dari BPK dan KPK mengenai alokasi terutama yang kategorinya dulu disebut bantun subsidi dan ini menyebabkan komplikasi beberapa laporan keuangan,” kata dia.

Selain itu, Menteri Keuangan juga meminta untuk melakukan penyederhanaan format laporan mulai dari bentuk laporan maupun isi laporannya.

“Kita juga melihat setelah ada peraturan Menteri Keuangan tentang LPJ ini, masing-masing kementrian lembaga menerbitkan lagi petunjuk teknisnya, bahkan meminta 6 atau 8 kali pelaporan dengan berbagai bentuk,” ujar dia. (dwi/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
30o
Kurs