Jumat, 24 Mei 2024

Masing-Masing Daerah akan Menemukan Masa Emasnya

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi. Produksi UMKM

Tiap daerah di Indonesia mempunyai ketimpangan masing-masing yang tidak bisa dihindari. Namun nantinya masing-masing daerah akan menemukan masa emasnya.

Fatah Yasin Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Jatim mencontohkan seperti beberapa waktu lalu Menteri ESDM meresmikan sumber gas di Bojonegoro. “Dalam empat tahun ke depan akan jadi luar biasa, akan ada pusat ekonomi baru. Bojonegoro, Tuban dan Lamongan juga akan jadi segitiga emas,” kata Fatah pada Radio Suara Surabaya.

Dalam hal ini, Bupati dan Wali Kota se-Jatim sudah bergerak sesuai rencana jangka pendek dan jangka panjang serta menyiapkan strategi. “Tapi pemerataan itu akan indah pada waktunya. Dari segi perencanaan, kita sudah tidak melihat sektor tapi pasial (tata ruang,red) karena di dalamnya ada sektor-sektor,” ujar dia.

Di sisi lain, saat ini wilayah selatan Jatim masih ber-make up dan jika sudah selesai keseluruhan akan menjadi luar biasa. Dengan adanya jalur lintas selatan, perekonomian juga akan bertumbuh dengan cepat.

“Semoga jadi prioritas Kementerian PU. Seperti jalur dari Ngawi-Jombang-Mojokerto-Surabaya-trans Jawa Bali akan segera terhubung,” katanya.

Secara realistis, kata dia, harus melihat pelaku usaha karena PDRB yang sudah dihasilkan di semester I 2017 menunjukkan bahwa UMKM naik. Pertumbuhan itu juga didukung daya konsumsi dan investasi.

Dengan APBD, Pemprov Jatim memfasilitasi pembiayaan Perbankan agar memiliki daya saing. Ini karena indeks konsumsi masyarakat Jatim malah naik sehingga masih berpotensi untuk meningkatkan daya beli. (dwi/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Jumat, 24 Mei 2024
29o
Kurs