Rabu, 30 September 2020

Menhub Fasilitasi Sopir Angkot Dapatkan SIM

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan (kiri) berbincang dengan penumpang angkot saat acara "safety riding" di Terminal Bungurasih, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (4/2/2019). Foto: Antara

Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan memfasilitasi sopir angkot di Banten untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) sebagai tindak lanjut atas kegiatan Menhub saat bertemu dengan sejumlah sopir angkot di Ciledug, Tangerang Selatan pada Sabtu (26/1/2019) lalu.

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, dilansir Antara Jumat (1/3/2019), Direktorat Jenderal Perhubungan Darat telah menerima sejumlah SIM A Umum yang telah selesai dalam proses di Kepolisian tersebut pada Kamis (28/2/2019).

Menhub menyatakan, Pemberian SIM A ini sebagai bentuk kepedulian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terhadap profesi sopir sekaligus untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan masyarakat dalam menggunakan kendaraan umum.

Dalam pertemuan Menhub dengan para sopir angkot ini, mereka menyampaikan kebutuhannya atas SIM A umum.

Sebagian pengemudi angkot ini menyatakan, bahwa SIM A umum yang mereka miliki ada yang sudah non aktif ataupun belum mempunyai SIM A umum.

“Profesi sopir, terutama sopir angkot merupakan profesi yang mulia. Oleh karena itu, kami membantu memfasilitasi proses pengurusan SIM A umum gratis bagi sopir angkot yang SIM nya telah mati,” kata Budi.

Karena itu, tak hanya bagi pengemudi yang SIM A umumnya sudah tidak aktif, Ditjen Perhubungan Darat juga memfasilitasi pembuatan SIM A umum bagi sopir yang belum memiliki SIM A umum serta telah lulus ujian teori dan praktek pembuatan SIM.

Senada dengan Budi Menhub, Ahmad Yani Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat juga mengatakan bahwa pemberian fasilitas pembuatan SIM A umum ini merupakan salah satu bentuk perhatian Pemerintah karena angkot masih dibutuhkan oleh banyak masyarakat di lingkungan Jabodetabek.

“Masyarakat sejauh ini masih membutuhkan angkot, maka saya terus mengupayakan peningkatan keselamatan maupun kenyamanan angkot. Salah satu poin yang saya tekankan pada rekan-rekan pengemudi angkot yaitu untuk mengemudikan kendaraannya dengan tetap memperhatikan keselamatan dan mematuhi rambu-rambu yang ada,” ujar Yani.

Dalam acara tersebut, Budi Menhub memanfaatkan kegiatan ini sekaligus sebagai wadah untuk menampung saran dan aspirasi dari para pengemudi angkot.

“Bagi para pengemudi angkot, saya berpesan untuk tetap menjaga kebersamaan, kesatuan, dan persatuan,” katanya. (ant/wi/ipg)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Fabian Yudhistira

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Rabu, 30 September 2020
32o
Kurs